Hj. Rusti Yanti, Womenpreneur Umrah Haji Jalankan Bisnis Berdasarkan Syariat Islam

- Jurnalis

Senin, 8 Januari 2024 - 16:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hj. Rusti Yanti

Womenpreneur Umrah Haji
Jalankan Bisnis Berdasarkan Syariat Islam

Menjadi seorang pengusaha bukanlah sebuah hal yang mudah, terlebih bagi seorang perempuan atau womenpreneur. Hal ini diperlukan sebuah pengorbanan yang besar, karena disamping harus mengurus tugas sebagai ibu rumah tangga, juga harus gesit dan fokus mengatur bisnisnya.

Inilah yang dijalani oleh womenpreneur biro perjalanan ibadah umrah dan haji Hj. Rusti Yanti.

Sejak kecil, Hj. Rusti Yanti dididik oleh keluarganya menjadi anak yang mandiri, tangguh dan penuh tanggung jawab. Jiwa womenpreneur pun juga ia dapat dari didikan dan bimbingan orang tuanya. Oleh karena itu, berbekal ilmu dan pengalaman tinggi, ia optimis dalam membangun sebuah usaha akan mencapai kesuksesan.

“Ini semua juga atas izin Allah. Jika Allah sudah berkehendak dan meridhoi kita untuk sukses, tidak ada yang tidak mungkin,” ujar Hj. Rusti Yanti kepada media saat ditemui baru-baru ini.

Menurut wanita yang mempunyai hobi traveling ini, untuk meraih kesuksesan diperlukan perjuangan dan kerja keras serta doa kepada Allah SWT.

Berjuang Dirikan Usaha

Cita-cita menjadi seorang pengusaha sudah tertanam di benak Hj. Rusti Yanti sejak kecil, untuk mencapai tujuan tersebut, Ia berani mengambil resiko dan melangkah menjalankan usaha. Termasuk ketika awal kali dirinya membangun sebuah usaha jasa rias pengantin.

“Waktu itu saya pernah membuka usaha rias pengantin, dan banyak klien saya yang menggunakan jasa saya,” terangnya.

Menurut wanita yang gemar membaca ini, menjadi pengusaha sangat menyenangkan karena bisa leluasa menentukan sendiri berapa penghasilan yang diinginkan, dan kemudian mengatur strategi untuk meningkatkan penghasilan.

“Usaha membuat kita lebih mandiri, kita pun bisa lebih menghargai uang dan dapat membantu keuangan keluarga,” sambungnya.

Wanita kelahiran Batang, Jawa Tengah, 18 februari 1976 ini pun dibilang sukses membangun usaha jasa rias pengantin. Kliennya bukan saja datang dari wilayah Jabodetabek, namun sampai ke mancanegara yaitu Singapura.

Selain membuka usaha jasa rias pengantin, Ia juga membuka usaha even organizer dan wedding organizer.

Hj. Rusti Yanti Saat Liburan Bersama Keluarga

“Kesuksesan itu juga harus didukung dengan berani mengambil risiko. Di dunia ini, tidak ada satu hal pun yang bebas resiko, maka keberanian harus menjadi modal penting. Selain itu, percaya diri dan selalu optimis, Insya Allah akan ada jalannya dan Allah akan memberikan jalan,”sambungnya.

Fokus Melayani Tamu Allah Dengan Fadar Tour and Travel

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2014, Hj. Rusti Yanti memberanikan diri terjun menjalankan usaha perjalanan ibadah umrah, haji dan wisata muslim.

Awalnya, Hj. Rusti Yanti menjalankan ibadah umrah beserta keluarga, ketika berada di Tanah Suci, terbesitlah niat untuk kembali lagi menjalankan ibadah umrah berkali-kali.

Tentu, ini menjadi cambuk baginya, bagaimana caranya untuk bisa pergi ke Tanah Suci berkali-kali, mengingat biaya perjalanan terbilang cukup tinggi.

Oleh karena itu, muncul ide untuk membangun perusahaan perjalanan ibadah umrah, haji dan wisata muslim dengan nama PT Fadar Dian Karomah Tour and Travel.

“Saya merasa rindu sekali ke Baitullah, setiap kali umrah saya merasakan kenyamanan dan kenikmatan beribadah. Dari situlah terbesit niat untuk mendirikan sebuah usaha travel umrah. Alhamdulillah, berkat pertolongan dan jalan dari Allah, ibadah di Tanah Suci bisa berkali-kali dan membawa jamaah umrah dan haji,” ujarnya.

Bisnis perjalanan ibadah umrah yang dinahkodai Hj. Rusti Yanti pun berjalan lancar, begitu juga dengan haji dan wisata muslim.

“Fadar Tour and Travel selain rutin memberangkatkan jamaah umrah dan haji, juga rutin membawa jamaah melakukan wisata ke berbagai negara di Asia maupun Eropa,” katanya.

Kini, Fadar Tour and Travel telah bertransformasi menjadi menjadi Travel yang menjalin kerjasama B to B dengan berbagai perusahaan Travel di Indonesia.

“Fadar Tour and Travel telah ditunjuk sebagai representatif dari Muassasah Abdul Hamid Sacor yang berada di Arab Saudi. Kini Fadar Tour mengakomodir travel-travel umrah maupun KBIH di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Terkait masih maraknya penipuan terhadap jamaah umrah, Hj. Rusti Yanti mengingatkan kepada para jamaah untuk memilih Travel yang berizin resmi dari Kementerian Agama. Selain itu, soal harga juga harus diperhatikan oleh jamaah, apalagi Travel yang menawarkan harga murah.

“Hati-hati kalau ada Travel yang menawarkan harga murah dan tidak wajar, karena ini bisa menjadi indikasi penipuan. Jangan tergiur harga murah yang ujungnya nanti malah tertipu dan tidak berangkat,” ucapnya.

Momen Liburan ke Luar Negeri Membawa Jamaah Wisata Muslim

Bagi Hj Rusti Yanti, tidak mudah mencapai posisi seperti saat ini, ibarat hidup, banyak fenomena jalan tertatih-tatih, tersungkur dan berdarah-darah, tapi dengan niat baik dan landasan ingin ikut membantu umat dan pemerintah, hal ini dijalani dengan ikhlas dan penuh syukur.

“Setidaknya dengan niat baik mendidik anak-anak dalam membentuk entrepreneur yang good adab dan good akhlak maka kiprah kita selama ini senantiasa semoga mendapatkan ridho dari Allah SWT,” ucapnya.

Rajin Shodakoh dan Bagikan Makanan Setiap Hari Jumat

Wanita yang gemar memasak ini membagikan tips dan kuat-kiat sukses dalam menjalankan usaha. Yaitu dengan berbagi kepada anak yatim piatu dan orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Maka, setiap hari jumat, di kantor PT Fadar Dian Karomah Tour and Travel rutin digelar acara berbagi makanan dan lainnya. Tak kurang dari seratus orang mendapatkan bagian tersebut.

“Hasil dari usaha yang kita jalankan tentu sebagiannya ada hak untuk anak yatim piatu, dan ini juga kewajiban kita sebagaimana perintah Rasulullah untuk menjaga dan merawat yatim piatu,” sambungnya.

Kesuksesan yang sudah diraihnya membuatnya semakin bersyukur dan meningkatkan diri untuk lebih banyak beribadah kepada Allah. Baginya, kesuksesan yang diraihnya hanyalah semata-mata karena Allah SWT.

“Semoga Allah SWT terus menerus memberikan nikmatNya kepada kita semua sehingga usaha yang kita jalani berjalan lancar, berkah dan dapat bermanfaat bagi banyak orang,” pungkasnya.

Komentar Facebook

Berita Terkait

Dukung Transformasi Digital di Indonesia, Pegadaian Hadir di Event Tech In Asia Product Development Conference 2024
Nur Institute : Cepu Raya Alternatif Pusat Ekonomi Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur
PO Bus Juragan 99 Buka Rute Baru Malang–Surabaya–Bogor
Luncurkan Obligasi dan Sukuk, Pegadaian Ajak Sahabat Cuan Investasi Hingga Rp 400 Miliar
Smartphone Realme C63 Resmi Meluncur, Simak Tiga Keunggulannya!
Tiram Mutiara Sangat Menjanjikan, Pemerintah Giatkan Pendederan
Ninja Xpress Gaet Lincah.id Layani Pengiriman Paket Luar Negeri
Sucofinfo Raih 2 Penghargaan Top CSR Awards 2024

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 15:08 WIB

Relawan Indonesia: Gaza Sangat Membutuhkan Tenaga Medis

Selasa, 4 Juni 2024 - 09:10 WIB

Palestina Kian Memburuk, Menlu Retno Sampai 6 Prioritas Dukungan Indonesia

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:24 WIB

Pengaruh AS Melemah, Dunia Butuh Penyeimbang China

Rabu, 8 Mei 2024 - 16:38 WIB

MER-C Desak Israel Segera Hentikan Serangan ke Rafah Gaza Selatan

Minggu, 28 April 2024 - 12:49 WIB

Pengurus Kwarnas Budy Sugandi Hadiri 11th Asia-Pacific Regional Scout Leaders Summit di Bangkok

Minggu, 31 Maret 2024 - 08:52 WIB

Bantu Pengungsi Palestina di Yordania, Para Relawan Indonesia Bentuk Care PETRA

Kamis, 28 Maret 2024 - 00:18 WIB

Resolusi DK PBB Tak Dihirau Israel dan Lanjutkan Pembantaian

Selasa, 5 Maret 2024 - 10:43 WIB

Melihat Wajah Mewah TIMNAS, Misi Lolos Round 2 Kualifikasi World Cup Bisa Tercapai

Berita Terbaru

Daerah

Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng

Kamis, 18 Jul 2024 - 05:34 WIB