Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Ingatkan Pentingnya Peran BUMN Semen dalam Pembangunan Nasional

- Jurnalis

Senin, 10 April 2023 - 22:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siaranindonesia.com, Brebes- Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal menyampaikan pentingnya peran dan eksistensi industri semen nasional dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Terutama, industri semen BUMN. Yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau Semen Indonesia Group (SIG).

Hekal mengatakan bahwa pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN, bersama Komisi VI DPR RI terus berusaha untuk melakukan penataan agar BUMN yang bergerak di bidang industri bahan bangunan tersebut dapat semakin berkembang dan berdaya saing. Antara lain dengan menyatukan seluruh Industri Semen BUMN dalam satu payung holding, yaitu Semen Indonesia Group.

“Semua perusahaan semen BUMN kita gabungkan dalam holding. Setelah dibuat grup, maka menjadi lebih teratur, lebih efisien, lebih murah biaya produksinya,” ujar Hekal, dalam sosialisasi bertema “Sektor Konstruksi Membangun Negeri Membangun Masyarakat”, di Kabupaten Brebes [9/4/2023]

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat ini, lanjut Hekal, ada tantangan baru bagi industri semen nasional. Yaitu masuknya perusahaan semen dari luar negeri yang sengaja menjual produknya dengan harga murah. Tujuannya, membuat industri semen Indonesia kehilangan pasar dan kalah saing. Karena itu Komisi VI bersama pemerintah terus bekerja untuk membuat pasar semen di Indonesia ini bisa lebih baik ke depan.

Dalam acara tersebut, turut hadir dari produck Management SIG Bapak Henry Koesmono, dalam sambutanya, dia menekankan pentingnya eksistensi perusahaan semen BUMN bagi pembangunan di Indonesia. Karena itu perlu didukung oleh semua pihak.

“Karena biar bagaimana, tetap semen BUMN ini kita butuhkan. Kenapa? karena negara kita ini masih sedang membangun banyak infrastruktur. 70 persen dari proyek-proyek strategis nasional, contohnya pembangunan jalan tol, itu semennya juga dari SIG,” ujarnya.

“Kita perlu industri semen BUMN ini menjadi tambah bagus karena ini adalah dasar dari pembangunan kita,” tambah nya dengan penuh semangat.

Henry menjelaskan, infrastruktur merupakan salah satu penopang peradaban suatu bangsa. Pembangunan infrastruktur sangat penting terlebih bagi Indonesia, negara kepulauan dengan kekhasan kondisi geografis di dalamnya. Karena itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan konektivitas antar kawasan serta berupaya melakukan pemerataan dengan memprioritaskan pembangunan di daerah dan desa.

Selain Kementerian PUPR, lanjut Henry, instansi lain yang berperan penting dalam pembangunan infrastruktur ini adalah Kementerian BUMN, termasuk Semen Indonesia Group (SIG) yang bergerak di industri bahan bangunan.

Saat ini, SIG merupakan produsen bahan bangunan terbesar di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara dengan total kapasitas produksi 52,6 juta ton semen per tahun.

SIG adalah holding company yang memayungi enam anak usaha produsen semen yaitu, Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, Solusi Bangun Indonesia, Semen Baturaja dan Thang Long Cement Company di Vietnam. Hal itu semakin memperkuat posisi SIG sebagai industri semen terbesar dengan jaringan distribusi terluas, portofolio produk terlengkap dan solusi bernilai tambah.

Sebagai catatan, SIG juga berkomitmen untuk menghadirkan pembangunan kontruksi yang berkelanjutan. Yaitu dapat bertahan dan bernilai tinggi dalam jangka panjang. Hal ini berkaitan dengan kondisi dunia yang tengah berjuang mempertahankan keberlanjutan planet bumi akibat dampak pemanasan global.

Berbekal kapabilitas teknologi, pengalaman, dan wawasan bertaraf internasional, SIG menghadirkan sederet produk dan solusi untuk pembangunan yang ramah lingkungan. Produk semen kantong SIG telah tersertifikasi Green Label dari Green Product Council. SIG juga memiliki produk semen curah nonOPC (ordinary Portland cement) yang ramah lingkungan karena rendah emisi karbon.

Tak hanya itu, SIG juga menawarkan beton jadi inovatif untuk beragam kebutuhan aplikasi. Antara lain: SpeedCrete yang merupakan solusi perbaikan jalan hanya dalam beberapa jam di malam hari. Kecepatan dan kualitas tinggi SpeedCrete membantu perbaikan jalan minim emisi CO2 dan kerugian perekonomian dari kemacetan karena penutupan jalan, dan lebih efisien dari sisi biaya pemeliharaan dalam jangka panjang.

Berbagai solusi tadi ditawarkan salah satu industri semen nasional SIG sebagai bukti bahwa BUMN Indonesia maju, adaptif dan inovatif, serta mampu menjawab tantangan dan memenuhi kebutuhan pembangunan masa depan.

Komentar Facebook

Berita Terkait

Kampung KB Kenanga Desa Bojong Kabupaten Bogor Sebagai Sentra Produksi Sayuran
Hj. Rusti Yanti, Womenpreneur Umrah Haji Jalankan Bisnis Berdasarkan Syariat Islam
Blusukan ke Pasar, Darori Wonodipuro Sebut Harga Kebutuhan Pokok Stabil
Ketua Umum HMS Center Desak Pemerintah Jelaskan Pemanfaatan Utang Negara dan Dampak Terhadap Pembangunan Ekonomi
Pahala Berbagi Bersama Koperasi Swadharma BNI
China Trade Fair Indonesia di JIExpo Kemayoran Jakarta Sukses Digelar
Dukung BTN Dalam Program Pembiayaan Perumahan Rakyat, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sampaikan Apresiasi
Martin Manurung Dukung Eksistensi BTN Dalam Pemenuhan Pembiayaan Perumahan Rakyat

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:42 WIB

Ketum Persis Sebut Kecurangan dan Hoaks adalah Musuh Bersama

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:39 WIB

PMI Kota Tangerang Bersama RSUD Kota Tangerang Ajak Masyarakat Untuk Berbagi Kesehatan Dengan Donor Darah

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:36 WIB

Ungkap Kedekatan Dante Cucunya dan Yudha Arfandi, Ibunda Tamara Tyasmara: Kami Begitu Hancur

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:34 WIB

Nikita Willy Kabarkan Dirinya Keguguran Calon Anak Kedua, Usia Kandungan 7 Minggu

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:27 WIB

Bakal Jadi Mertua Ayu Ting Ting, Ayah Lettu Fardana Tak Persoalkan Masa Lalu Calon Menantu

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:23 WIB

50 Bibit Cabai Ditanam di Masjid Al Hasanah Kalisari

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:20 WIB

Renaga Tahier Didugat Cerai Istri, Orang Ketiga Diduga Jadi Sebab

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:17 WIB

Sudin Pusip Jakut Edukasi Literasi Pelajar SD Negeri Sunter Agung 09

Berita Terbaru