Upaya Merawat Tradisi dan Mengenang para Pejuang Negeri, Warga Jetak Lengkong, Kabupaten Pekalongan Adakan Kuliner Gratis

  • Bagikan

Pekalongan, Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, warga Desa Jetak Lengkong, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan menggelar festival kuliner gratis, pada Sabtu (20/8/2022).

Tidak hanya  merawat tradisi, gelaran festival kuliner gratis ini juga menjadi salah satu momentum untuk kembali mengingat masa-masa perang sembunyi dalam merebut kemerdekaan.

Kala itu, pada masa perang sembunyi atau perang gerilya, para warga yang tidak ikut berperang juga turut memberikan suplay  makanan secara gratis kepada para pejuang.

Tidak hanya makanan, warga juga selalu membuka pintu-pintu rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat persinggahan dan persembunyian.

Dari sejarah itulah, tradisi jajan gratis terus dijaga, dan bahkan sudah menjadi bagian dari tradisi khas dari Pekalongan.

Pada festival kuliner gratis tersebut, antusias masyarakat atau pengunjung begitu sangat besar. Hal itu terlihat dari terus berdatangannya pengunjung dari luar kampung.

Jono, salah satu warga Jetak lengkong merasa senang dan bersyukur bisa ikut merawat tradisi jajan gratis di desanya. Dengan adanya tradisi jajan gratis tersebut, kata Jono, warga bisa makin guyub, rukun, dan damai.

“Semoga tradisi ini bisa terus kita jaga, Setidaknya acara ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar warga,” ujar Jono.

  • Bagikan