Klub Menulis Perpustakaan Depok Terbentuk, Nur Indrawati Pary: Literasi Menulis Penting untuk Dibudayakan

  • Bagikan

Siaranindonesia.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok membentuk komunitas baru bernama Klub Menulis Perpustakaan Depok (KMPD). “Klub ini dimaksudkan sebagai wadah sinergi dan kolaborasi antarpenulis di Kota Depok agar dapat menulis berbagai konten menarik terkait Kota Depok,” kata Nur Indrawati Pary, Ketua Klub Menulis Perpustakaan Depok, Senin (19/9/2022).

Nur Indrawati yang juga Pustakawan Perpustakaan Depok tersebut mengatakan, kebangkitan bangsa ditentukan oleh kebangkitan literasi. “Literasi baca-tulis adalah bagian penting dalam 6 literasi dasar yang dibutuhkan manusia pada abad ke-21. Perpustakaan Umum Kota Depok berkomitmen untuk membudayakan membaca dan menulis di kalangan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan membentuk Klub Menulis Perpustakaan Depok,” jelasnya.

Nur Indrawati menambahkan, “Klub menulis ini bisa diikuti siapa saja yang tinggal di Kota Depok, dari semua usia, baik yang sudah rutin menulis maupun yang baru mulai belajar. Semakin banyak warga yang menulis harapannya akan juga meningkatkan kebiasaan baca di kalangan warga tersebut, dan otomatis akan menjadi pendorong warga untuk menularkan kegemarannya membaca dan menulis kepada orang-orang di sekitarnya. Klub ini juga sekaligus menjadi media komunikasi antar berbagai penulis yang tinggal di Kota Depok.”

Sementara itu, Koordinator Pelatihan Klub Menulis Perpustakaan Depok Muthia Esfand menambahkan bahwa Klub Menulis Perpustakaan Depok menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti pelatihan kepenulisan fiksi dan nonfiksi, penulisan buku terkait Kota Depok, klub baca buku bersama di sekolah se-Kota Depok dan tempat-tempat lain di Depok. “Kami juga akan melakukan bedah buku tematik secara rutin,” kata Founder Bukuditeras dan penulis buku “Dari Toko Buku ke Toko Buku.”

Klub Menulis juga diperkuat dengan Yanuardi Syukur, penulis buku dan antropolog yang saat ini sementara mengedit 8 jilid buku berbahasa Indonesia dan Inggris terkait G20 terbitan Perpusnas Press. Yanuardi memperkuat Klub Menulis sebagai Koordinator Penulis.

“Saat ini telah ada 73 orang penulis yang bergabung dalam Klub Menulis Perpustakaan Depok,” kata Yanuardi. Dia berharap, klub ini dapat menjadi forum yang bermakna dan mendukung berbagai program literasi di Kota Depok khususnya dan memperkaya literasi di Indonesia pada umumnya.

Secara struktural, penasihat Klub Menulis adalah Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok Hj. Siti Chaerijah Aurijah S.Pd MM. Beliau menyambut positif hadirnya Klub Menulis di Kota Depok.

Selain itu, pembina Klub Menulis adalah Kepala Bidang Perpustakaan Kota Depok, yakni Kasie Bidang Layanan, Promosi, Kerja sama Perpustakaan, IT dan Preservasi, Kasie Bidang Deposit, Pengolahan dan Akuisisi dan Pustakawan Kota Depok.

“Dalam waktu dekat kami akan menyelenggarakan Workshop Menulis Kota Depok sekaligus launching KMPD serta temu penulis, penerbit, komunitas pembaca,dan toko buku di Kota Depok,” kata Nur Indrawati Pary yang baru saja terpilih sebagai Juara III Lomba Resensi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat di Bandung.

  • Bagikan