SMP dan SMK Tirtajaya Terapkan UMBA sebagai Pengganti UNBK yang Telah Ditiadakan Pemerintah

  • Bagikan

SMP dan SMK Tirtajaya Terapkan UMBA sebagai Pengganti UNBK yang Telah Ditiadakan PemerintahSiaranDepok.com – Ujian Mandiri Berbasis Android (UMBA) ini merupakan ujian untuk para peserta didik tingkat menengah serta sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah ditiadakan oleh pemerintah.

SMP dan SMK Tirtajaya menerapkan UMBA sebagai pengganti UNBK dengan tujuan untuk menghasilkan para peserta didik yang memiliki standar kompetensi kelulusan yang sama seperti dulu ketika masih ada UNBK. UMBA sendiri dibuat dengan bobot pertanyaan yang hamper sama dengan UNBK.

“Sejak pemerintah meniadakan UNBK, terdapat kesenjangan pada anak-anak dimana standar kompetensi kelulusannya turun jauh. Disinilah UMBA dengan bobot pertanyaan yang hampir sama dengan UNBK menjadi solusi supaya standar kompetensi kelulusannya sama dengan angkatan sebelumnya yang mendapatkan UNBK,” ujar Wasno selaku Kepala Sekolah SMP Tirtajaya, Kamis (07/03/2022).

Wasno juga menjelaskan bahwa dengan adanya PJJ, pemerintah menginginkan para peserta didik untuk memiliki Handphone atau gadget masing-masing. Hal itu memudahkan sekolah untuk melaksanakan UMBA ini, berbeda dengan UNBK dulu dimana harus bergantian sesi dikarenakan keterbatasan komputer di sekolah.

“Ujiannya tetap online melalui android namun tetap datang ke sekolah supaya mudah di kontrol oleh sekolah karena jika dari rumah nanti mereka bisa Tanya atau buka google,” sambungnya.

Semenjak sekolah PJJ melalui online, banyak siswa/i yang mengeluhkan kurang efektif atau kurang maksimalnya pembelajaran dikarenakan biasanya terdapat banyak kendala mulai dari cuaca yang mempengaruhi jaringan dan juga rasa malas belajar yang melanda ketika di rumah.

“Iya kurang efektif untuk pembelajaran daring karena kalau dari rumah kadang bawaannya malas dan ngantuk. Untuk UMBA itu lumayan cukup bagus karena semua yang udah dipelajari dan diajarkan oleh guru keluar semua seperti UNBK dulu,” ujar Sania dari kelas 9 selaku salah ssatu siswi SMP Tirtajaya.

(Penulis : Arif Rahman Hakim)

  • Bagikan