Juara Pertama Lomba Indikator Kelurahan Sehat, Ini Kiat yang Dilakukan Cipas

  • Bagikan

Dilansir dari berita.depok.go.id – Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimanggis menjadi juara pertama dalam Capaian Indikator Kesehatan di Kelurahan Kota Depok. Dalam memperoleh predikat tersebut, berbagai hal dilakukan lintas sektor di Kelurahan Cipas dalam menjalankan program kesehatan.

“Seluruh elemen terkait di Cipas saling berkoordinasi dan bekerja sama untuk menjalankan program kesehatan, baik penanganan stunting, penerapan PHBS, maupun pencegahan angka kematian ibu (AKI), dan angka kematian balita (AKB),” tutur Lurah Cipas, Syahrudin kepada berita.depok.go.id, Rabu (06/04/22).

Lebih lanjut, ujar Syahrudin, dalam upaya penurunan stunting atau gagal tumbuh pada balita, pihaknya melakukan kunjungan langsung ke lokus balita stunting. Kemudian, berkolaborasi dengan para Kader Posyandu dalam membantu mendistribusikan menu makanan dengan gizi seimbang.

Selain itu, ungkapnya, untuk penerapan PHBS, pihaknya terus mengimbau kepada Kader Posyandu dan Posbindu untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Tentunya dalam membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan minum.

“Juga disampaikan langsung kepada masyarakat untuk membiasakan hidup sehat, mengonsumsi makanan gizi seimbang, dan olahraga secara teratur,” tambah Syahrudin.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih menuturkan, pihaknya terus mendukung program kesehatan yang berjalan. Melalui tenaga kesehatan di Puskesmas, ikut serta melakukan kunjungan langsung ke masyarakat dan sosialisasi.

“Tenaga kesehatan dan koordinator program kesehatan di puskesmas terus bersinergi dengan lurah dan kader dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat di wilayah Cipas,” pungkasnya.

  • Bagikan