Camat Tapos Himbau Lurah dan RT serta RW petakan wilayah rawan bencana

  • Bagikan

Siaranindonesia.com- Kecamatan Tapos sudah menyiapkan berbagai langkah mitigasi bencana menghadapi musim penghujan dan angin kencang. Salah satunya, dengan memetakan wilayah-wilayah rawan bencana.

“Dari awal musim penghujan dan angin kencang, sudah saya sampaikan ke pak lurah dan RT-RW untuk memantau wilayah masing-masing. Serta memetakan titik-titik yang rawan bencana,” tuturnya, Selasa (08/03/22Abu sapaan akrabnya, mengatakan, hasil pemantauan dan pemetaannya harap disampaikan juga ke kelurahan dan kecamatan agar ada tindaklanjut dari laporan tersebut. Seperti, titik-titik pohon besar yang berada di tepi jalan dan rumah yang harus segera dipangkas, lalu wilayah-wilayah yang saluran airnya rawan meluap.

Selain itu, sambung Abu, kebersihan lingkungan juga menjadi perhatian. Di wilayah Tapos rutin diadakan kerja bakti, baik yang digagas oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, kecamatan, kelurahan ataupun RT-RW.

“Kami juga terapkan sanksi tindak pidana ringan (tipiring), jika ada masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan,” katanya.

Dikatakan Abu, hingga saat ini belum ada laporan yang disampaikan terkait dampak dari angin kencang beberapa waktu lalu. Baik dari masyarakat, Satpol PP kecamatan dan juga stakeholder lainnya.

“Namun saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dengan rutin membersihkan lingkungan, pemangkasan pohon di tepi jalan dan rumah,” tutupnya.).

 

  • Bagikan