Tips menghindari Kegugupan saat Berbicara Di Depan Umum

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Pada saat lomba pidato ataupun rapat kepanitiaan maka berbicara di depan umum selalu menjadi monster mengerikan.

 

Terkadang badan jadi gemetar, jantung rasanya berdegup nggak karuan, keringat bercucuran, pandangan tiba-tiba menghilang bahkan sampai pingsan.

 

Berbicara di depan umum itu adalah hal yang paling ditakuti manusia bahkan lebih seru daripada ketinggian serangga dan atau kegelapan dan ketakutan.

 

Kegugupan ini mempunyai nama yaitu Gloso Fobia.

 

Menjadi hal unik kenapa berbicara didepan umum itu begitu menakutkan?

 

Berbicara di depan umum jadi serem karena kita tidak mau kelihatan salah dan kelihatan jelek. Karena jika salah dan jelek muncul perasaan kita takut dijauhi.

 

Sehingga perasaan takut tersebut mengaktifkan bagian di otak yang sama kayak bagian yang aktif waktu kita cidera rasa sakit.

 

kalau begitu ada tidak sih cara untuk menghilangkan rasa gugup ini?

 

Satu hal yang mesti kita pahami lebih dulu adalah semua orang bahkan para Legenda dan orang-orang sukses pun selalu merasakan berbicara gugup di depan umum.

 

Oke sekarang Coba kita belajar untuk tidak lari dari ketakutan, tapi justru berani menghadapinya. Gampangnya harus selalu ingat kalau gugup itu perasaan yang alami dan tidak bisa kita kontrol.

 

Lalu bagaimana cara menghadapinya? Kita harus fokus ke sesuatu yang bisa kita atur, latihan-latihan di lingkungan yang mirip sama apa yang akan kita hadapi di keadaan sebenarnya.

 

berlatih membuat kita terbiasa dan bisa mengurangi kecemasan. Kita nantinya mungkin akan terbiasa dengan menganggap berbicara di depan umum jadi kayak dikejar binatang buas.

 

Tapi nyatanya Kita semua mau nggak mau suatu saat bakal ngomong di depan banyak orang apapun profesi atau pekerjaan kita.

 

nantinya kalau udah gitu pilihannya ada dua lari ketakutan atau tarik napas dalam-dalam menenangkan diri lalu maju dan bicara lantang di depan orang-orang.

  • Bagikan