Kolaborasi Antara Pemprov DKI dan Pemda Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

  • Bagikan

Siaranindonesia.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik bersama 11 pemerintah daerah pada Rabu (5/10) lalu.

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk menjalin kerja sama meningkatkan perekonomian di setiap daerah.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi mengatakan kesepakatan bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan perekonomian, tetapi juga dijadikan sebagai pemersatu bangsa.

“Saling mendukung dengan kerja sama potensi masing-masing daerah, dan yang utama menjadi alat pemersatu bangsa,” kata Dewi dalam keterangan tertulis Kamis (13/10/2022).

Kerja sama antar daerah diperlukan mengingat DKI Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis yang memiliki keberagaman dan merupakan kota urban, membutuhkan kebutuhan pokok yang tinggi. Sehingga, kerja sama ini penting untuk menjaga keseimbangan.

Diketahui, saat ini DKI Jakarta telah mengadakan sejumlah kerja sama terkait isu prioritas ketahanan pangan, pengembangan UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, dan menjaga kelestarian kebudayaan, lingkungan hidup, dan pengembangan BUMD.

“Ini dilakukan sebagai upaya mendukung kinerja pemerintah daerah dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ucap Dewi.

Adapun kerja sama tersebut Pemprov DKI lakukakan dengan menggandeng Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Maluku Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Jember, serta Kota Solok, Kota Malang, dan Kota Bengkulu.

Dewi menjelaskan pelaksanaan kerja sama tersebut dilakukan dengan memegang pencapaian visi dan misi Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta, baik dengan perangkat daerah maupun BUMD.

“Sisi positif dari pelaksanaan kerja sama ini yang utama adalah terjalinnya hubungan baik antara dua pemerintah daerah yang sejalan dengan peningkatan di berbagai bidang, khususnya ekonomi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dewi menegaskan ke depannya pihaknya akan terus berupaya menggali potensi dan berbagai isu kerja sama. Hal ini dilakukan sebagai solusi mendorong peran pemerintah daerah. Harapannya, kerja sama tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Pemprov DKI juga menyerahkan kendaraan dinas operasional pemadam kebakaran kepada pemerintah daerah yang dilakukan secara simbolis. Daerah yang menerima kendaraan itu adalah Kota Probolinggo, Banjarmasin, Pariaman, serta Palopo.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten, kendaraan diterima oleh Kabupaten Bengkulu Tengah, Empat Lawang, Kuningan, Alor, Ogan Komering Ilir, Sigi, Rote Ndao, Lampung Utara, dan Padang Pariaman.

  • Bagikan