Cegah Berita Hoaks Wakapolda NTT Ajak Peran Media

  • Bagikan

Siaranindonesia.com – Wakil Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigjen Polisi Heri Sulistianto mengajak media di daerah itu buat mencegah berita hoaks yang disebarkan media sosial yang bisa membingungkan masyarakat di provinsi berbasis kepulauan ini.

“Berita-berita hoaks ini hanya muncul di permukaan saja dan beredar di media sosial maupun media yang tidak resmi sehingga tentu peran wartawan sangatlah penting dalam mencegah adanya berita-berita hoaks,” kata Wakil Kepolisian Daerah Polda Nusa Tenggara Timur, Brigjen (Pol) Heri Sulistianto di Kupang, Sabtu, (8/10/2022).

Brigjen Polisi Heri Sulistianto mengatakan hal itu juga ketika menerima pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dia mengungkapkan berita-berita hoaks lebih memunculkan masalah pada permukaan saja tetapi tidak mengungkap persoalan yang terjadi sesungguhnya sehingga bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Akar persoalannya tidak diungkap secara utuh tetapi hanya permukaan saja yang dimunculkan sehingga masyarakat tidak menerima informasi secara baik. Bahkan penjelasan yang sesungguhnya tidak dipublikasikan tetapi yang diungkap hanya permukaan semata,” tegasnya yang turut didampingi Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy.

Mantan Kapolres Kupang Kota itu berharap media yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ikut membantu Kepolisian dalam memerangi berita-berita hoaks sebagai edukasi masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi yang berkualitas, edukatif dan bebas hoaks.

Sementara itu Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Nusa Tenggara Timut Yosef P Bataona menyatakan siap mendukung Polda NTT dalam memerangi berita-berita hoaks.

“Kami siap membantu Kepolisian NTT dalam memerangi berita-berita hoaks yang disebarkan media yang tidak memiliki legalitas yang jelas,” tegas Yosep P Bataona.

  • Bagikan