PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI PKK -FT-UNJ “MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN KECAMATAN MUARA GEMBONG DENGAN PENATAAN RUANG KERJA”

  • Bagikan
Foto Bersama Tim PKM Prodi PKK FT UNJ bersama Aparat Kecamatan Muara Gembong dan Dekanat FT UNJ

Di era globalisasi yang semakin meningkat, dimana dunia semakin terasa sempit karena kemajuan teknologi, menuntut keberadaan suatu kantor untuk terus  berusaha mencari cara terbaik. Pada dasarnya kesuksesan sangat ditentukan oleh penataan suatu kantor dalam mengelola sumber daya yang dimilki. Untuk menghasilkan yang terbaik, sangat dipengaruhi dari dalam kantor itu sendiri .

Kantor merupakan tempat dimana pekerjaan dilakukan oleh seluruh pegawai. Setiap pegawai kantor membutuhkan ruangan untuk bekerja, salah satu sarana kantor yang perlu dikelola adalah ruangan kerja. Dalam melaksanakan pekerjaan, penataan ruangan termasuk faktor penting yang menentukan kelancarannya dan mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja serta pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat dan mendapat hasil yang baik. Suasana kantor yang menyenangkan sangat mendukung aktivitas pegawai yang bekerja di kantor tersebut. Meskipun tata ruang kantor merupakan salah satu hal mendukung dalam menunjang aktivitas kerja, namun tidak semua pegawai menganggap penataan tata ruang kantor itu penting, bahkan seringkali keadaan seperti ini terlihat dimana mereka menganggap kantor itu hanyalah tempat sementara diwaktu bekerja, sehingga penataan ruang kantor yang baik tidak menjadi perhatian. Hal ini dapat mengakibatkan rangkaian aktivitas kerja dapat berjalan kurang lancar dan tidak nyaman.

Dalam hal ini Program Studi Pendidikan Kejahteraan Keluarga, Fakultas teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membantu  para Pegawai Kecamatan Muara Gembong Bekasi untuk melakukan penataan ruang kantor melalui pelatihan Penataan Ruang Kantor dengan tema “Meningkatkan Kinerja Karyawan Kecamatan Muara Gembong dengan Penataan Ruang Kerja”. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan produktivitas pekerjaannya dengan  optimal dan menunjukkan hasil yang baik.

Pelatihan Penataan Ruang ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Muara Gembong Bekasi Pada 12 Agustus 2022. yang diketuai oleh Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes dengan anggota Mulyati S.Pd, M.Si . Pengabdian masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa Prodi PKK yiatu  Ayu Friditya Wulaningrum dan Kantoni.

Pelatihan yang di hadiri 15 orang peserta pelatihan yang merupakan pegawai  Kecamatan Muara Gembong. Pelatihan di buka oleh Kasi Ekonomi dan Pembangunan  Bapak Aulia Ihsan Idris, S.STP, M.Si. Beliau mengatakan dengan dilaksanakan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada para pegawai Kecamatan sehingga dapat meningkatkan kinerja. Beliau juga menambahkan dengan adanya Pengabdian Masyarakat ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Muara Gembong umumnya dan pegawai Kecamatan khususnya dan harapan belaiu agar dilakukan pelatihan-pelatihan yang lain untuk meningkatkan kinerja para pegawai Kecamatan.

alam pelatihan dilakukan narasumber memberikan paparan tentang  Penataan Ruang Kantor dengan materi tentang tujuan, persyaratan ruang, langkah menyusun ruang, teori warna, serta cara menata ruang kantor yang benar Materi ini dipaparkan oleh oleh Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi M.Kes.

Setelah Pemberian materi, pegawai Kecamatan melakukan  praktek langsung penataan ruangan Camat, ruang  pegawai, ruangan PKK dan koridor kecamatan Muara Gembong.

Setelah dilakukan penataan ruangan kantor, para pegawai diberikan evaluasi terhadap penataan ruangan kantor mereka. Mereka merasa puas karena dengan dilakukan penataan ruangan menjadikan ruangan mereka rapih, resik sehingga semangat kerja nya bertambah.

Pemilahan Barang Yang Tidak Dipakai

Hal ini juga diutarakan oleh Bapak Camat Muara Gembong merasa puas dan memberikan apresiasi kepada Program Studi PKK FT UNJ.

 

  • Bagikan