Mengetahui Sistem Cuci Darah Manusia

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Istilah Cuci Darah atau bahasa kedokterannya adalah hemodialisa. Perlu diketahui dalam kandungan darah ada yang bersih dan ada yang tidak bersih. Dalam tubuh manusia ada organ kembar berbentuk seperti kacang merah yang berfungsi untuk memfilter darah manusia dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh melalui urine.

Namun Fungsi diatas tidak bisa dilakukan dalam organ tubuh manusia jika seseorang mempunyai penyakit ginjal. Seseorang yang punya penyakit ginjal contohnya batu ginjal, jika batu ginjalnya kronis maka sulit mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh melalui urine bahkan bisa bisa membuat infeksi bakteri.

Bahkan jika sampai ginjalnya tidak berfungsi lagi atau gagal ginjal maka dilakukanlah cuci darah atau hemodialisa kepada seorang yang gagal ginjal tersebut.

Untuk menggantikan peran organ kembar, Kedokteran menciptakan mesin-mesin canggih untuk melakukan cuci darah. Dalam prakteknya ada dua jarum yang perlu disuntik kelengan jarum.

Pertama jarum untuk mengambil darah ke mesin isi mesinnya ke saringan yang punya ribuan serat untuk menghilangkan zat zat buangan. terus darah yang sudah bersih di alirkan balik ke tubuh lewat jarum kedua.

Cuci darah ini tidak benar-benar bisa menggantikan peran ginjal sepenuhnya. jalan terbaik adalah mendapatkan ginjal baru yang sehat. Dimana untuk mendapatkan Ginjal baru yang sehat sangat langka.

Oleh karena itu peliharalah yang benarr ginjal kita.  Jangan sampai kita kena penyakit ginjal atau malah dijual.

 

  • Bagikan