Presiden akan membuka Konferensi Ekonomi Kreatif dan Sidang P20

  • Bagikan

Siaranindonesia.com – Presiden Jokowi (Joko Widodo) hendak membuka Konferensi Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 di Nusa Dua, Bali, dan membuka Sidang Pertemuan Ketua Parlemen G20 (P20) di Jakarta, Kamis.

Presiden akan membuka WCCE di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Badung, pada Kamis, sebagaimana keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

WCCE, yang merupakan acara sela (side event) Presidensi G20, akan sebagai forum pertemuan delegasi dari 50 negara buat bertukar pikiran serta pengalaman, menyusun panduan kebijakan, dan mewujudkan kerja sama konkret dalam ekonomi kreatif.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam WCCE menyiapkan peta jalan (road map) untuk kebangkitan ekonomi yang ditopang sektor ekonomi kreatif dengan keberpihakan pada UMKM.

Selesai WCCE, Presiden akan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden Jokowi akan menuju Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD-RI.

Di situ, Kepala Negara akan membuka Sidang ke-8 Pertemuan Ketua Parlemen G20 atau The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20).

Pertemuan P20 dijadwalkan akan dihadiri Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco dan para Pimpinan Parlemen Negara G20, termasuk Speaker of The House of Commons Inggris Sir Lindsay Harvey Hoyle.

DPR RI dalam sidang P20 berkomitmen menyukseskan kontribusi parlemen dalam menyelesaikan berbagai krisis global maupun upaya pemulihan pandemi COVID-19.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

  • Bagikan