Teknik Mengetik Cepat dan Tepat dengan Program Typing Master Via Media Online

- Jurnalis

Selasa, 18 Januari 2022 - 22:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siaranindonesia.com-Saat ini mengetik cepat dan tepat sudah menjadi kebutuhan yang amat dibutuhkan oleh setiap orang yang akan bekerja mempergunakan laptop dan computer.  Hampir semua aktifitas komunikasi saat ini mempergunakan alat tersebut diatas pada kantor-kantor maupun lembaga-lembaga dan sebagainya.

 

Untuk mendapatkan hasil cepat dan tepat diperlukan langkah-kah sebagai berikut:

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

  1. Disiplin yang tinggi dalam mengunakan jari-jari saat mengetik, untuk itu harus mengenal dulu dengan pasti tugas-tugas dari masing-masing jari saat mengetik.

 

  1. Perlu percaya diri yang tinggi untuk tidak melihat ke tuts-tuts basis atau tuts-tuts yang ada di keyboard computer atau laptop. Hal ini dapat dilakukan secara pelan dan berangsur-angsur  setelah kita yakin dari tugas-tugas masing-masing dari jari tangan kita.

 

  1. Cara duduk dan cara menempatkan jari-jari serta posisi telapak tangan yang benar akan membantu dalam mengetik cepat dan tepat.

 

Teknik-teknik latihan.

  1. Download program typing master.

 

  1. Pada program typing master ini ada beberapa pilihan, nah sebagai pemula kita pilih atau dengan judul course. Course  terdiri dari 12 level dan setiap level terdiri dari 5 atau 6 jenis latihan, kecuali level 1 baru ada 3 latihan .

 

  1. Setiap latihan dikerjakan dalam duration 5 menit.

Kenapa harus 5 manis?.  Sebab batas lelah –kecepatannya akan lebih tinggi namun tidak efisien kelak bila bekerja sebentar-sebentar berhenti, bila lebih 5 menik akan terjadi banyak kesalahan sebab kondisi akan mulai menurun.

 

  1. Klik latihan 1 atau level dari program course.

Disini diterangkan penempatan jari-jari atau  Disebut juga rumah jari-jari. Huruf yang menjadi rumah jari-jari adalah huruf-huruf “ a s d f untuk rumah jari kiri yaitu jari kelingking, jari manis, jari tengah dan jari telunjuk kiri, sedangkan rumah jari-jari kanan adalah:  “j k l ; .

 

Kenapa disebut rumah jari sebab, ketika jari selesai  mengetik huruf-huruf yang berada diatas atau dibawah rumah jari tersebut, jari harus kembali ke rumah jari yang disebutkan diatas tadi.  Tujuannya agar saat mengetik huruf-huruf yang ada diatas atau dibawah rumah jari kita akan mengenali huruf-huruf tersebut.

 

  1. Setiap latihan untuk awal atau dari course level 1 – 6.

Buat kecepatan minimal 25 suku kata permenit dengan accurace 98. Standar ini untuk awal latihan akan cukup membuat jari dapat mengenal huruf-huruf menjadi tugasnya masing-masing dengan baik.

 

Sedangkan untuk 7 – 12, kecepatan dinaikkan menjadi 35/98%.  Kenapa harus naik?  Untuk menuju mengetik cepat dan tepat, dari level 1 -6 adalah pembelajaran dan pengenalan mungkin jari-jari sedikit merasa kaku dan seolah terpaksa mengikuti aturan, apa lagi bila sebelumnya biasa mengetik dengan hanya mengunakan jari-jari telunjuk saja.  Nah setelah jari tersosialisasi dengan tuts-tuts, di level 7- 12 kecepatan ditingkatkan.

 

  1. Mulai melakukan latihan level 1.

Ketiklah huruf-huruf yang menjadi rumah-rumah jari  yang telah disebutkan diatas dengan memulai kesungguhan, yaitu dengan menghentakan huruf-huruf tersebut awalnya dengan perlahan, setelah itu dicoba ditingkatkan sedikit demi sedikit mulai cepat.

 

Dan ingat yang paling penting adalah “MATA TIDAK BOLEH MELIHAT KE TUTS-TUTS YANG DIHENTAK TERSEBUT”  ini diperlukan disiplin dan kesungguhan dari diri untuk tidak mencuri-curi melihat ke huruf-huruf rumah jari tersebut. Bila posisi jari benar hal ini tidak akan mengalami kesulitan bila dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sunggh.

 

  1. Lakukan setiap level latihan dengan kata kunci yaitu:  “MATA TIDAK  MELIHAT KE TUTS-TUTS DAN JARI MENGHENTAK TUTS SESUAI TUGASNYA MASING-MASING”.

 

  1. Bila anda telah mendapatkan hasil dari kerja keras dan disiplin yang dengan hasil yang 25/98 pada level 1 – 6. Maka setlah 2 bln atau setelah UTS bila di kampus maka kecepatan akan dinaikkan menjafi 35/98. Mungkin bagi kesulitan akan sedikit kesal sebab pada level 6,7, dan level 8 seperti v dan n di level 8.  Yaitu huruf-huruf yang berada dibawa dan diatas dari rumah-rumah jari, dan keceptanpun harus naik.  Nah dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan lagi.

 

Praktek seperti ini sudah penulis lakukan pada mahasiswa semester 1 pada jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Jakarta.  Walaupun dilakukan secara online dengan metode google meet atau sering disebut gmeet. Hasilnya menunjukkan untuk tahun ini baus semua, semua mendapat nilai A atau nilai 81.  Karena memang penulis haruskan bila tidak tidak lulus.

 

Tujuannya adalah agar mahasiswa benar-benar menguasai keyboard.  Malah ada 3 kalas dari 6 kelas mendapatkan kecepatan diatas 45/98 dan kecepatan tertinggi adalah 70/98. Walaupun ini hanya didapatkan oleh 5 orang mahasiswa dari 170 mahasiswa.

 

Bila materi pada  program cuorse  sudah selesai, bagi yang ingin lebih lancar dan dapat mengetik  lebih bagus dan benar-benar lebih tanpil lagi, maka teruskan pada program typing tes, pilih naskah-naskah yang ada dan pilihlah yang paling sesuai dulu dengan kemampuan anda seperti naskah yang masih sedikit tanda-tanda baca dan angka, namun makin hari harus ditingkatkan dengan komitment seperti diatas yaitu mata tidak sering melihat ke keyboard dan jari-jari harus menghentak sesuai tugas-tugasnya.

 

Selamat mencoba Bila Kesulitan Dapat Menghubungi Penulis di Jurusan Politekni Negeri Jakarta.

 

 

(Hafniza Amir. S.Sos.M.Si. dosen typing master Politeknik Negeri Jakarta)

 

Komentar Facebook

Berita Terkait

Tampil Dengan Kemasan Baru, Mustika Ratu Hair Care Series Kini Identik dengan Sentuhan Gen Z dan Milenial
Gus Wahib, Pengasuh Ponpes Al Huda Jetis Kebumen Dukung Prabowo-Gibran
Para Relawan Prabowo-Gibran Sambangi KPU Kebumen, Ingatkan Komisioner Pemilu Harus Jurdil
Inovasi Jumpa Lebah BPJS Kesehatan Kebumen Mudahkan Layanan Akses JKN
Dukung Prabowo-Gibran, AAI Kebumen Bakal Bentuk Satgas Money Politik
Bolone Mase Kebumen Berangkatkan 2 Bus ke GBK, Beny: Bukan Relawan Bayaran!
Dirasakan Banyak Manfaat, BPJS Kesehatan Gencar Sosialisasikan Program JKN
Aliansi Advokat Indonesia, Kebumen Nyatakan Dukung Prabowo-Gibran

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:44 WIB

Tampil Dengan Kemasan Baru, Mustika Ratu Hair Care Series Kini Identik dengan Sentuhan Gen Z dan Milenial

Selasa, 20 Februari 2024 - 14:06 WIB

IPKB Hadir untuk Dukung Bangga Kencana, Tapi Jangan Lupakan Fungsi Utama Pers *Pengurus IPKB Karawang Resmi Dilantik

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:23 WIB

Hasil Quick Count Unggulkan Paslon 02, Lalu apa syarat 1 Putaran Pilpres?

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:02 WIB

Banyak Untung Beli Spare Parts dan Aksesoris Suzuki di IIMS 2024

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:58 WIB

Bakamla RI Resmi Buka Latihan Bersama KKPH di Laut Timur 2024

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:56 WIB

Pangkolinlamil Terima Paparan Konsep Kontijensi Dan Aplikasi E-Disposisi Kolinlamil

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:49 WIB

Satgas Kizi TNI Konga XX-T Monusco Terima Penghargaan UN Medal

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:46 WIB

Camat Pademangan Pastikan Enam Puluh PPSU Kelurahan Ancol Kembali Bekerja

Berita Terbaru

Nasional

Limbah Kerang Jadi Batako Penghasil Listrik di Tangan Mahasiswa

Selasa, 20 Feb 2024 - 15:52 WIB