Lima Cara Mengatasi Layar Laptop Yang Berkedip

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Masalah layar berkedip dapat terjadi pada jenis monitor mana pun dan versi Windows berapa pun, mulai dari Windows 10, Windows 8.1, Windows 7, hingga Windows XP. Ada beragam faktor yang menyebabkan layar Komputer/ laptop berkedip, mulai dari driver yang bermasalah, program terinstall yang tidak kompatibel, hingga bugs pada sistem operasi.

Penyebab Layar Laptop Berkedip

1.Terdapat masalah pada driver tampilan (display adapter). Jika Anda mengalami masalah layar berkedip setelah update Windows, ada kemungkinan terjadi konflik pada driver tampilan. Anda bisa perbaiki dengan memperbarui atau uninstall driver.

2.Program tidak kompatibel. Kemungkinan lain, program terinstall tidak kompatibel dengan layar komputer/ laptop Anda (biasanya karena resolusi layar yang terlalu kecil atau refresh rate yang terlalu rendah).

  1. Bugspada sistem operasi Windows 10. Mungkin saja masalah ini terjadi karena kesalahan Windows 10. Jika dilihat pada halaman pembaruan Windows 10, Microsoft sering kali melakukan perbaikan pada driverdan program yang tidak kompatibel.

Cara Mengatasi

1.Periksa Dengan Membuka Task Manager

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan apakah yang bermasalah adalah driver tampilan atau aplikasi yang tidak kompatibel. Untuk mengidentifikasi masalah, Anda bisa periksa dengan membuka Task Manager. Ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Tekan kombinasi tombol (shortcut keyCtrl + Shift + ESC untuk mengakses Task Manager.
  • Jika Task Manager Anda ikut berkedip (flickering), kemungkinan driver tampilan memang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa perbaiki driver dengan update atau uninstall driver.
  • Namun apabila Task Manager tidak berkedip, sementara situasi di luar Task Manager berkedip maka kemungkinan ada aplikasi yang tidak kompatibel.

3.Perbaiki Masalah Program Tidak Kompatibel

Jika Anda merasa bahwa penyebab layar berkedip adalah aplikasi/ program yang tidak kompatibel maka saatnya melakukan perbaikan. Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi saat dibuka berkedip; umumnya terjadi karena resolusi layar dan refresh rate yang rendah, hingga masalah error atau bugs pada program tersebut. Atau bisa jadi program yang Anda install tidak sesuai dengan System Requirements dan Anda paksakan untuk di install sehingga terjadilah layar berkedip (flickering). Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda bisa update atau uninstall lalu ganti dengan program yang kompatibel.

4.Uninstall Program Yang Tidak Kompatibel

1.Klik Start menu » Settings.

2.Pilih Apps » Apps & features.

3.Temukan dan pilih [program], pilih Uninstall.

4.Konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti petunjuk Uninstall program hingga selesai.

5.Selesai.

Setelah menghapus program, cobalah untuk membersihkan semua file sampah, cache, registry, log, dan sejenisnya. Setelah itu, restart komputer dan cek kembali apakah layar masih berkedip atau tidak.

5.Update Windows Ke Versi Terbaru

Selain memperbarui program, Anda juga perlu memperbarui Windows ke versi paling baru saat ini. Kemungkinan error tidak hanya pada aplikasi dan driver, namun juga dapat terjadi pada sistem Windows itu sendiri. Jika dilihat pada halaman pembaruan Windows, Microsoft terus melakukan peningkatan performa, fitur, dan perbaikan pada program maupun driver Windows.

 

 

  • Bagikan