Tips Menghemat BBM Motor

  • Bagikan

Siaranindonesia.com– Seiring dengan bertambahnya kendaraan di Indonesia, maka kebutuhan BBM pun terus meningkat setiap harinya. Artinya, pengeluaran untuk bahan bakar pun semakin besar juga. Selain melakukan perawatan yang rutin terhadap kendaraan Anda, perlu diketahui juga cara menghemat BBM motor agar berkendara semakin nyaman dan konsumsi BBM lebih irit. Simak beberala caranya berikut ini :

 

  1. Jangan Memanaskan Motor Terlalu Lama

Jika Anda memiliki kebiasaan memanaskan motor terlalu lama, segera tinggalkan aktivitas yang satu ini. Pasalnya, jika dibiarkan lama, nantinya akan menguras bahan bakar minyak kendaraan Anda dan terbuang sia-sia. Sebaiknya lakukan maksimal 5 menit sebelum digunakan untuk berkendara.

 

  1. Berkendara dalam Kecepatan Stabil

Tentu saja cara Anda berkendara sangat mempengaruhi banyaknya konsumsi bahan bakar yang akan digunakan kendaraan Anda. Jika Anda berkendara dengan kecepatan stabil, nantinya penggunaan BBM motor akan lebih irit dan hemat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggeber gas dan mengerem mendadak ketika sedang berkendara, ya.

 

  1. Selalu periksa Tekanan Angin Ban Motor

Cara menghemat BBM motor ketiga yang bisa Anda lakukan yakni dengan selalu memeriksa kondisi tekanan angin ban motor karena sangat berpengaruh terhadap penggunaan BBM pada mesin. Jika tekanan angin pada ban motor Anda kurang, mesin pun harus bekerja lebih kuat lagi dalam memutar roda. Normalnya, tekanan ban motor depan adalah 29 psi, sedangkan ban belakang 33 psi. Maka dari itu, usahakan Anda selalu mengecek kondisi tekanan angin ban motor untuk menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan Anda.

 

 

  • Bagikan