AMPHURI Apresiasi Inovasi Saudi dalam Pelayanan Jamaah Haji dan Umrah

  • Bagikan

JEDDAH –Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) Firman M Nur menyampaikan sebagai asosiasi haji dan umrah terbesar di Indonesia, AMPHURI berkesempatan menghadiri Mu’tamar wa Ma’radl Khidamaatil Hajj wal ‘Umrah atau Conference and Exhibition for Hajj and Umrah Services yang berlangsung di Superdome Jeddah, Arab Saudi.

Konferensi dan Pameran Layanan Haji dan Umrah yang berlangsung pada 21-23 Maret 2022 itu merupakan gelaran konferensi dan pameran berkelas internasional yang pertama diadakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di era new normal. Pameran yang dibuka Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Fauzan Al-Rabiah itu dihadiri pula oleh Gubernur Mekkah Pangeran Khalid bin Faishal Abdul Aziz, serta lebih 20 menteri agama dari berbagai negara, termasuk Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Firman mengatakan, bagi AMPHURI, event internasional yang mengusung tema Transformation towards Innovation ini membuktikan keseriusan Arab Saudi dalam memberikan keamanan dan kenyamanan para tamu Allah dengan berbagai inovasi baru saat menunaikan ibadah haji maupun umrah.

“AMPHURI sangat mengapresiasi upaya Kerajaan Saudi dalam memberikan pelayanan yang paripurna kepada tamu Allah saat beribadah di Tanah Suci,” kata Firman dalam pesan singkatnya dari Jeddah, Senin (21/3/2022).

Menurut Firman, proses transformasi digital yang disiapkan Arab Saudi sangat luar biasa. Salah satu diantaranya Saudi mengembangkan manasik metaverse. Selain itu, Saudi juga telah mempersiapkan inovasi baru dalam hal proses imigrasi yang cepat bagi jamaah haji maupun umrah menggunakan peralatan canggih dan serba digital.

“Kami meyakini ini semua dilakukan Saudi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan jamaah,” ujarnya.

Firman menambahkan, kehadiran AMPHURI dalam ajang pameran itu sekaligus bisa membersamai kunjungan kerja Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya yang sehari sebelumnya menemui Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Fauzan Al-Rabiah.

“Alhamdulillah di waktu yang bersamaan, kami bisa membersamai Gus Menteri yang didampingi Dubes RI Abdul Aziz, Konjen RI Eko Hartono, Dirjen Hilman Latief dan Konsul Haji Endang Jumali beserta rombongan,” kata Firman.

Selain menghadiri pameran, AMPHURI juga melakukan sejumlah pertemuan dengan para pihak terkait penyelenggaraan haji dan umrah di Saudi. “Sejauh ini, AMPHURI juga telah melakukan komunikasi aktif dengan sejumlah pihak di Saudi untuk membicarakan berbagai hal regulasi dan tata kelola pelayanan haji khusus dan umrah pasca Saudi menyatakan bebas dari Corona Virus Disease-19 (Covid-19). Terutama tentang pelayanan haji tahun ini,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, AMPHURI pun terus berperan aktif memberikan masukan baik kepada pemerintah Indonesia maupun para pihak di Saudi terkait pelayanan haji dan umrah,” imbuhnya.

Di sela-sela menghadiri pameran, lanjut Firman, AMPHURI juga berbincang-bincang dengan Menag Yaqut beserta rombongan terkait persiapan haji 1443H. Kemudian, selain menemui Muasasah Asia Tenggara, di malam harinya AMPHURI menggelar pertemuan dengan Dubes RI Abdul Aziz.

“Hari ini, (Selasa, 22 Maret 2022), kami akan bertemu Dirjen PHU dan Konsul Haji untuk mendiskusikan tentang teknis pelayanan haji khusus tahun ini. Sementara esok hari, kami berencana untuk menemui Lajnatu al Wathoniyah lil Hajj wal ’Umrah (Komite Nasional Haji dan Umrah) Saudi terkait kebijakan-kebijakan penyelenggaraan haji dan umrah ke depan,” tandasnya.

“Dalam setiap kesempatan, AMPHURI selalu menyampaikan salam hormat masyarakat muslim Indonesia atas semua pelayanan yang diberikan pihak Saudi saat menunaikan ibadah di Tanah Suci,” ujarnya.

Firman menegaskan, apa yang dilakukan AMPHURI sejauh ini tidak lain sebagai bentuk optimisme dan upaya peran aktif AMPHURI sebagai asosiasi yang menaungi pelaku usaha haji dan umrah dalam melayani jamaah Indonesia. “Insya Allah, haji tahun ini Indonesia akan mengirimkan jamaahnya,” kata Firman berharap.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Pembina Harian AMPHURI Joko Asmoro, Sekjen DPP AMPHURI Farid Aljawi, Bendum Tauhid Hamdi, Waketum Islam Saleh Alwaini dan Wasekjen Rizky Sembada. (Salsa/r)

  • Bagikan