Ki Hajar Dewantara Sebagai Sosok Teladan Dan Inspirasi dalam Memberikan Pelayanan dan Pengabdian untuk Mewujudkan Pelayanan Prima di Era Milenial

  • Bagikan

Ki Hajar Dewantara Sebagai Sosok Teladan Dan Inspirasi dalam Memberikan Pelayanan dan Pengabdian untuk Mewujudkan Pelayanan Prima di Era Milenial

Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional merupakan sosok yang pantas dan patut dicontoh oleh masyarakat. Pencipta semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani ini juga patut menjadi panutan kita semua dalam menjalani sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ing Ngarso Sung Tulodo yang memiliki arti “Dari depan memberi teladan, Ing Madyo Mangun Karso artinya Di tengah membangun kekuatan dan berkarya dan Tut Wuri Handayani artinya Di belakang memberi dorongan,” menjadi slogan yang patut diterapkan dalam sebuah hubungan di lingkungan tempat bekerja.

Ki Hajar Dewantara memiliki jiwa pengabdian kepada Indonesia yang hingga kini

masih bisa dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah pengabdian dalam dunia pendidikan. Sehingga, dirinya diditetapkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional atas jasa-jasanya dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.

Inilah sosok yang dapat dijadikan panutan dan inspirasi warga negara Indonesia dalam melakukan inovasi di bidang pelayanan kepada masyarakat pada era millennialebagaimana dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dalam memajukan Pendidikan pada masa perjuangan.

Baginya, menjadi sebuah pucuk pimpinan bukan semata-mata hanya berpangku tangan dan menyuruh bawahan dalam menjalankan pelayanan. Namun lebih dari itu, sebagai pemimpin, ia tak segan-segan turun langsung meninjau dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan Pendidikan.

Ki Hajar Dewantara menjadi contoh yang relevan dalam memberikan pelayanan publik, apalagi pelayanan tersebut merupakan suatu kegiatan dalam pemenuhan pelayanan sesuai perundang-undangan.

Pemerintah yang merupakan penyelenggara pelayanan harus memberikan pelayanan yang terbaik sehingga tercapai keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai dengan Pancasila sila ke-5 tanpa membedakan siapa yang datang, semua dilayani dengan pelayanan prima.

Dengan hadirnya teknologi yang ada saat ini sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas harus berorientasi pada inovasi pada pelayanan masyarakat, oleh sebab itu maka seorang pemimpin harus mempunyai integritas dalam mengedepankan pelayanan masyarakat untuk mencapai tujuan organisasi.

Ditulis oleh Peserta Diklat Pelatihan kepemimpinan Administrator Angkatan IV Didi Kurniawan, Dimas Prayudi, Dtm. Rahmat Syahputra, Edy Sufa’at.¬†

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan