BKKBN Dan PT Edisi Siaran Media Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Milenial

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan PT Edisi Siaran Media menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi Milenial di Kantor Redaksi PT Edisi Siaran Media, Depok, Kamis 06 Januari 2022.

 

Pelatihan jurnalistik bagi milenial ini diikuti oleh siswa-siswi SMK Tirtajaya Depok dan diisi oleh berbagai narasumber diantaranya Rohmat Rospari selaku pimpinan perusahaan PT Edisi Siaran Media yang menaungi siarandepok.com dan edisi.co.id, lalu hisan Maulana selaku Pemred portal berita edisi.id dan Khairunnas dari BKKBN.

 

Rohmat Rospari memberikan materi tentang menulis berita dan jurnalisme warga yang menyebutkan perkembangan media di antaranya media cetak, radio, televisi dan podcast.

 

Dirinya juga menjelaskan sebuah berita harus mempunyai nilai, dimana nilai berita bisa mengandung aktual, ketegangan, penting, strategis, berdampak ketokohan, luar biasa, humor, konflik dan kemanusiaan.

 

Sedangkan Hisan maulana selaku pemateri kedua menyampaikan materi tentang mengenal peliputan dan teknik penulisan berita yang menjelaskan jenis berita, kelengkapan berita yang harus mengandur unsur 5W+1H dan jenis – jenis wawancara berita.

 

Sementara itu Khairunnas memberikan materi teknik editing bagi seorang yang ingin menjadi editor dan bagaimana menjadi seorang editor handal.

 

Menurut Khairunnas Dalam proses penulisan naskah berita, editing merupakan bagian dari aktivitas pengolahan hasil liputan (news processing) setelah melewati tahap news planning (perencanaan berita), news gathering (peliputan peristiwa di lapangan), dan news writing (penulisan bahan-bahan berita menjadi sebuah tulisan berita).

 

“Editor adalah orang yang bekerja di belakang layar. Dia menyeleksi dan memperbaiki naskah sebelum dipublikasikan,” pungkas Khairunnas.

 

 

  • Bagikan