Cara Membuat Oyakodon, Nasi Gurih Khas Jepang Pakai Ayam dan Telur Dadar

  • Bagikan

Siaranindonesia.com– Ada banyak makanan khas Jepang yang dikenal enak dan lezat. Selain ada katsu, Jepang juga memiliki oyakodon yang merupakan donburi, atau masakan beras Jepang dalam mangkuk.

Menu ini identik dengan rasanya yang gurih, memiliki isian ayam, telur dadar, hingga irisan daun bawang. Bahan lainnya direbus bersama dalam sup yang dibuat dengan kecap dan kaldu, kemudian disajikan di atas mangkuk nasi besar.

Jika ingin menambahkan rasa pedas, Anda bisa menaburkan bubuk cabai. Paling nikmat menyantap Oyakodon dalam keadaan hangat. Rasanya menggugah selera.

“Hari ini masak menu mager aja, kalau lg males masak, biasanya saya masak masakan Jepang. Praktis, gak usah kupas banyak bawang, tinggal mix bumbu, masak sebentar jadi, udah bisa makan kayak di resto. Yuk teman-teman cobain ya. Ini enak bangett kayak di resto,” tulis Instagram @lilyminarosa.

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya. Selasa (4/1/2022).

Bahan yang perlu disiapkan dua butir telur, satu paha ayam fillet, potong-potong 1/2 bawang bombai, iris memanjang, satu daun bawang, iris serong. Sementara untuk Saus: 30 ml air, 20 ml soy sauce dan 20 ml mirin Dashi

Cara masak: Pertama Campur bahan saus jadi satu, tuang ke teflon kecil, masukkan potongan ayam dan bawang bombai, masak sampai mendidih, tutup teflon, kecilkan api, masak 5 menit sampai ayam matang dan saus sedikit menyusut. Lalu yang kedua Masukkan kocokan telur, tutup teflon kembali, biarkan 2-3 menit, setelah telur mulai set, matikan api, tuang ke mangkuk berisi nasi, dan siap disajikan.

 

 

  • Bagikan