Beberapa Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

  • Bagikan

Siaranindonesia.com- Tidak banyak yang tahu kalau kandungan buah mengkudu atau buah noni yang merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Rasa dari buah ini memang tidak enak dan baunya sedikit tajam. Namun, ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

Di bawah ini  beberapa manfaat buah mengkudu yang bisa Anda peroleh dari konsumsinya.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, buah ini cukup tinggi akan kandungan vitamin C-nya.

 

Vitamin ini bekerja dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan. Sehingga, risiko Anda terhadap penyakit kronis lebih rendah.

 

  1. Membantu mengatasi arthritis

Buah noni sudah digunakan sebagai salah satu obat tradisional selama lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya yaitu penyakit arthritis.

 

Pasien dengan kondisi arthritis kerap mengalami nyeri sendi ketika kondisi ini kambuh. Jus buah mengkudu dipercaya dapat meringankan rasa nyerinya.

 

Dalam penelitian yang pernah dipublikasikan tahun 2011, pemberian jus mengkudu setiap hari kepada pasien osteoartritis berhasil menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan nyeri.

 

Hasil tersebut dicapai setelah rutin minum jus buah mengkudu selama 90 hari. Beberapa peserta penelitian juga mengaku mengalami perbaikan dalam kualitas hidup.

 

  1. Bantu menurunkan kolesterol

merokok bukanlah kebiasaan baik. Tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan organ pernapasan Anda, merokok juga bisa menyebabkan kadar kolesterol tubuh meningkat.

 

Konsumsi jus mengkudu mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Penelitian tim dari University of Illinois College of Medicine mengungkap minum jus mengkudu selama satu bulan dapat mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada perokok berat.

 

Sayangnya, hasil penelitian ini belum bisa digeneralisasikan untuk semua orang. Maka dari itu, manfaat buah mengkudu yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Bagikan