Banjir Lahar  Dingin Gunung Semeru Kembali  Mengalir, Warga Diimbau Waspada

  • Bagikan

Siaranindonesia.com – Lahar dingin berisi material vulkanik kembali mengalir dari lereng gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur

Warga diimbau tetap waspada lantaran hujan masih berpotensi mengguyur puncak Semeru, lahar dingin berisi material vulkanik berupa pasir dan batu dengan asap mengepul mengalir di sungai di Desa Sari Kecamatan Candipuro Lumajang pada Senin pagi, 20 Desember 2021.

Aliran lahar dingin disebabkan oleh hujan deras di puncak gunung Semeru yang kemudian terbawa air hingga mengakibatkan banjir di pinggir sungai meski tidak berdampak ke area pemukiman warga namun banjir lahar dingin mengakibatkan tanggul  darurat  yang berada di  Dusun Kamar Kajang Desa sumberwuluh.

Warga di sepanjang jalur lahar dingin diimbau untuk waspada mengingat cuaca di wilayah puncak Semeru tertutup awan dan berpotensi kembali terjadi hujan.

“Tadi pagi jam 06.00 banjir lahar dingin, getaran 12. Itu karena ada penyedotan dari bawahannya akan langsung diarahkan ke kebun lele selatan”, Ujar Wagiran selaku sebagai Warga Lumajang,

– Khalifah Sekar Arum

  • Bagikan