Mengetahui Jenis Sambaran Petir dan Efek Tersambar Petir

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Dalam Film ada tiga Super hero yang mempunyai kekuatan petir dimana salah satu penyebab munculnya kekuatan tersebut setelah tersambar petir. Namun dalam dunia nyata tersambar petir tidak akan membuat kita menjadi Super Hero.

Seseorang yang tersambar petir fungsi organnya bisa rusak semua karena mateng. Disambar petir itu suhunya itu lebih panas 5 kali lipat dari permukaan matahari. Oleh karenanya kita mesti berhati-hati dari sambaran petir jika hujan lebat turun.

Perlu diketahui jenis sambaran petir yang bisa membahayakan kita itu ada dua jenis. Yaitu sambaran petir langsung dan sambaran petir yang tidak langsung. Sambaran petir tidak langsung itu akan menyambar kita lewat perantara. Sementara sambaran petir langsung yang menyambar secara langsung.

Sambaran petir secara langsung jauh lebih berbahaya, karena tegangannya bisa mencapai ratusan juta Volt. Tersambar petir secara langsung bisa mengakibatkan baju hangus, gendang telinga pecah dan kulit luka bakar.

Hal lain yang perlu diketahui ialah seberapa mungkin efek tersambar petir mengakibatkan seseorang meninggal dunia?

Jawabannya ternyata kemungkinan mati kesamber petir itu kecil dibanding mati akibat tenggelam atau karena kecelakaan di jalan raya. Meski kemungkinan mati kesamber itu rendah namun di jangka panjang ada bahaya lain yang menghantui, selain luka di badan kesamber petir juga bisa merusak sel-sel otak, kondisi psikologi kita terganggu, mood jadi berantakan, tidak bisa konsentrasi dan susah mengatur emosi.

 

  • Bagikan