Gurihnya Dakak Dakak, Kue Tradisional Asal Tanah Datar

  • Bagikan

Siaranindonesia.com– Provinsi Sumatera Barat Tidak hanya memiliki Negeri nan elok, namun Sumatera Barat juga tersohor dengan masyarakat yang pandai mengolah bahan makanan menjadi kuliner yang lezat salah satunya kuliner kue tradisional dakak dakak dan kembang durian yang terkenal renyah dan gurih.

Dakak dakak berbentuk seukuran kelereng dan kembang durian berbentuk bunga buah durian semua nya terbuat dari bahan dasar tepung beras yang di campur dengan beraneka ragam bumbu warisan nenek moyang orang Simabua.

Uniknya adonan cemilan ini dicetak menggunakan tempurung kelapa yang di lubangi kecil kecil sehingga jika adonan ditekan kedalam cetakan tersebut akan menghasilkan potongan potongan yang menyerupai mie dan bentuk kembang.

Setelah dicetak adonan dakak dakak dan kembang durian tadi digoreng dengan minyak panas hingga berwarna kekuningan semua dikerjakan tanpa menggunakan mesin dan bahan pengawet cemilan ini hanya bisa bertahan selama satu bulan dengan disimpan ditempat tertutup kue tradisional ini juga sering dijadikan sebagai oleh oleh khas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

  • Bagikan