Peringati  HPN 2022, PT Edisi Siaran Media Besutan Rohmat Rospari  Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi  Milenial

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-PT Edisi Siaran Media yang dibesut Rohmat Rospari bersama rekannya Ilham Dharmawan dan Asri Al-Jufri melakukan acara sharing bersama para wartawan Jurnalistik, Selasa, 08 Februari 2022.

Acara tersebut dihadiri Oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif dengan jurusan Fotografi dan Multimedia. Serta Siswa – Siswi dari 2 sekolah, SMK Taruna Bhakti Jurusan Broadcasting dan SMK Tirtajaya Jurusan Multimedia.

Ades satria sebagai pemateri pertama memberikan materi tentang Profesi Wartawan atau jurnalis atau pewarta. Menurutnya Jurnalis adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya lalu dikirimkan atau dimuat di media massa.

Masih  menurut Ades Pengertian wartawan lainnya adalah orang yang bertugas mencari, mengumpulkan, memilih, mengolah berita dan menyajikan secepatnya kepada masyarakat luas melalui media massa, baik media cetak ataupun elektronik. Disebut wartawan adalah meliputi reporter, editor, juru kamera berita, juru foto berita, redaktur dan editor audio visual.

Profesi sebagai seorang wartawan sebagai profesi yang cukup berat, dan penting. Beberapa ahli politik berpendapat bahwa wartawan merupakan kekuatan keempat dalam sebuah negara setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pendapat tersebut sekiranya tidak berlebihan karena kenyataannya seorang wartawan dapat menciptakan atau membentuk opini masyarakat luas, sehingga mampu menggerakkan kekuatan yang sangat besar.

Authenticator – Masyarakat membutuhkan wartawan yang dapat memeriksa keauntentikan suatu berita atau informasi.

Sense Maker – Mampu menerangkan apakah informasi yang didapat masuk akal atau tidak.

Investigator – Wartawan harus terus mengawasi kekuasan dan membongkar kejahatan

Withness Bearer – Wartawan harus meneliti dan memantau kejadian-kejadian tertentu dan dapat bekerja sama dengan reporter.

Empowerer – Saling melakukan pemberdayaan antara wartawan dan warga untuk menghasilkan percakapan yang terus menerus pada keduanya.

Smart Aggregator – Seorang wartawan harus cerdas berbagi sumber berita yang dapat dihandalkan, laporan yang mencerahkan bukan hanya hasil karya wartawan itu sendiri.

Organizer atau organisasi berita, baik yang sudah lama atau baru.

Role Model – Tidak hanya berkarya dan menghasilkan karya, tetapi juga dalam bertingkah laku wartawan masuk dalam ranah publik yang harus bisa dijadikan contoh.

Ditempat  yang Sama Direktur PT  Edisi Siaran Media, Rohmat Rospari mengungkapkan pihaknya menggelar pelatihan untuk milenial ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional Tahun  2022.

“Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional  Tahun 2022, PT Edisi Siaran Media menghadirkan Wartawan Senior dalam pelatihan yang kami berikan untuk milenial,  agar mereka memahami tugas dan dunia jurnalis,” Pungkas  Rohmat Rospari.

 

  • Bagikan