Sejarah Pertemuan Indonesia-Thailand Yang Pernah Bertemu 3 Kali Di Final AFF

  • Bagikan

Siaranindonesia.com– Di Final Piala AFF sebelumnya tim Garuda dan tim gajah perang sudah bertemu tiga kali

Apesnya Indonesia selalu kalah, namun kali ini dengan skuad muda Indonesia siap membuat kejutan.

Indonesia dan Thailand menjadi negara yang paling sering bertemu di final piala AFF, tiga kali sudah tim Garuda dan tim gajah perang bertemu di final.

Namun tiga kali pula Indonesia gagal merebut trofi sepakbola paling bergengsi se-Asia tenggara, pertemuan Indonesia dan Thailand di final AFF pertama kali terjadi pada tahun 2000 stadion Rajamangala Bangkok Thailand.

Indonesia yang kalah saat itu masih dibela Kurniawan Dwi Yulianto dikalahkan 4-1 di final oleh Thailand yang masih dibela Kiatisuk senamuang. Pada edisi Piala AFF berikutnya tahun 2002 Indonesia-Thailand kembali bertemu di final.

Kali ini bertarung di Gelora Bung Karno Jakarta,laga berjalan imbang dengan skor 2-2 hingga sampai Adu pinalti. Sayang Indonesia gagal meraih trofi di tanah sendiri.

Pertemuan terakhir Indonesia-Thailand di final AFF terjadi tahun 2016 dimana format 2 Leg sudah diterapkan, pada leg pertama dimainkan di stadion Pakansari. Indonesia berhasil menang tipis 2-1.

Namun sayang saat bertanding ke stadion Rajamangala di Bangkok Indonesia dihajar 2 gol  tanpa balas Indonesia, Indonesia pun kalah untuk kali ketiga di final dari Thailand.

Kemenangan di leg pertama tahun 2016 menjadi kemenangan terakhir Indonesia melawan Thailand, empat pertemuan selanjutnya Indonesia tidak pernah menang.

Namun bukan berarti asa mengalahkan Thailand sirna, karena pada pertemuan terakhir di kualifikasi piala dunia 2022 dan sudah berada di era Shin Tae Yong, Indonesia menahan seri Thailand 2-2,

 

Penulis By : Khalifah Sekar Arum

  • Bagikan