Setelah diboikot FIFA dan UEFA, akankah Rusia bakal bergabung dengan AFC dan menjadi pesaing Timnas Indonesia di kompetisi Asia?

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Seperti diketahui, invasi militer yang dilakukan Rusia kepada Ukraina turut berimbas pada sepak bola Rusia. Belum lama ini, FIFA dan UEFA secara resmi memboikot Rusia dari semua kompetisi, baik di level timnas maupun klub.

Dalam sebuah pernyataan resmi, UEFA mengatakan bahwa keputusan ini berlaku hingga pemberitahuan lebih lanjut. Dengan demikian, Timnas Rusia tidak diizinkan berpartisipasi pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini.

Tidak terima dengan itu, Menteri Olahraga Rusia Oleg Matytsin dikatakan akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Internasional untuk Olahraga (CAS).

Namun, banding yang diajukan oleh Rusia belum diterima jika ketegangan tidak mereda di Ukraina. Oleh karena itu, situs Rusia Gol.ru menyebut Rusia bisa mengambil opsi bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Menurut situs tersebut, secara teori, bergabung dengan AFC adalah solusi yang paling mungkin bagi Rusia.

“Mungkin isolasi akan berlarut-larut selama bertahun-tahun. Mungkin kami tidak akan kembali ke sepak bola Eropa,” tulis Gol.ru. “Jika demikian, maka satu-satunya solusi teoritis untuk keluar dari isolasi adalah pindah ke Federasi Sepak Bola Asia (AFC).”

  • Bagikan