Senator Zainal Arifin Dorong Pemuda Kuasai Ekonomi Digital, dengan Pemerataan Internet

- Jurnalis

Kamis, 22 Juni 2023 - 14:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Anggota DPD dari perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Zainal Arifin A.md, Kep saat menggelar sosialisasi empat pilar bersama masyarakat dan tokoh Dayak dan Toraja di Tanjung Redep, Kabupaten Berau, Kaltim pada Kamis 22 Juni 2023.

Anggota DPD dari perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Zainal Arifin A.md, Kep saat menggelar sosialisasi empat pilar bersama masyarakat dan tokoh Dayak dan Toraja di Tanjung Redep, Kabupaten Berau, Kaltim pada Kamis 22 Juni 2023.

Siaran Indonesia.com  – Perkembangan teknologi dan digitalisasi yang terjadi secara besar-besaran turut berdampak besar pada perekonomian Indonesia. Transformasi digital menjadi salah satu pendekatan untuk meningkatkan skala bisnis dan memperluas keterjangkauan bagi pelaku usaha.

Demikian disampaikan Anggota DPD dari perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Zainal Arifin A.md, Kep saat menggelar sosialisasi empat pilar bersama masyarakat dan tokoh Dayak dan Toraja di Tanjung Redep, Kabupaten Berau, Kaltim pada Kamis 22 Juni 2023.

Zainal menuturkan, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif mencapai lebih dari 191 juta orang dan sebagian besarnya merupakan Generasi Z. Dengan potensi ini, sangat diharapkan para kaum muda ini bisa menjadi tonggak kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

“Generasi muda yang berkualitas tinggi akan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di era Society 5.0. Dan kita tahu, ekonomi digital Indonesia ini sangat sangat kuat, terbesar di antara negara-negara tetangga kita. Tentu ini adalah modal kita untuk berkembang,” ujar Zainal.

Tentu saja, kata Zainal untuk bisa mewujudkan ekonomi digital yang kuat, perlu dukungan dari pemerintah secara merata. Misalnya pemerintah harus bisa lebih banyak memberikan pelatihan di masyarakat tentang penggunaan teknologi. Terutama di wilayah pinggir atau pedalamanan.

“Pemerintah harus bisa lebih hadir memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang penggunaan tekonologi digital. Terutama di daerah pedalaman. Masih banyak anak-anak muda yang belum akrab dengan dunia digitalisasi, jadi sasarannya bukan hanya wilayah perkotaan,” ungkapnya.

Kemudian, Zainal meminta adanya akses internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, ekonomi digital tidak akan terwujud jika internet masih sulit dijangkau. Persoalan ini, kata dia, masih kerap dijumpai di daerah-daerah terpencil.

“Di Kalimantan itu masih banyak wilayah yang belum bisa mendapat akses internet dengan baik. Nah! Untuk bisa mengembangkan ekonomi digital menjadi Indonesia Maju, pemerintah harus bisa menyediakan akses internet di wilayah-wilayah terpencil di Indonesia secara merata, bukan hanya di kota saja,” terangnya.

Lebih lanjut, Zainal menuturkan dengan adanya akses internet yang merata dalam rangka mendukung terwujudnya ekosistem ekonomi digital yang merata, merupakan cermin dari implementasi dari sila kelima Pancasila, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Kita terus mendorong bagaimana UMKM di Indonesia yang sebagian besar adalah dari golongan rakyat kecil ini bisa mengelola ekonomi digital secara mandiri. Syaratnya tadi, berikan pelatihan kepada mereka bagaimana cara mempromsikan produk dan keterjangkauan internet,” jelasnya.

Diketahui, Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital paling besar di Asia Tenggara. Nilai penjualan bruto atau gross merchandise value ekonomi digital Indonesia ditaksir mencapai US$77 miliar atau sekitar Rp1.198,3 triliun pada tahun ini.

Kemudian terakhir, Tokoh Adat Dayak ini berpesan kepada masyarakat agar lebih bijak lagi menggunakan media sosial. Pasalnya kebebasan berpendapat di media sosial jika tidak dibatasi dan dicegah bisa merusak persatuan dan kesatuan. Karena yang ada hanyalah cacian, buly dan olok-olokan. (Al)

Komentar Facebook

Berita Terkait

Kemenag: Kuota Prioritas Lansia Sebesar 5 Persen Tidak Terserap Semua
Islamadina Bayana, Aktif Beri Bantuan di Dalam dan Luar Negeri
Menuju Indonesia Emas 2045, Tia Rahmania Sebut Tantangan Perempuan Makin Banyak
Nelayan Tidak Melaut, Babinsa Koramil-02 Penjaringan Ajak Berkebun Urban Farming
Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng
Ketum APTIKNAS: Selamat Ulang Tahun BNPT RI Ke-14
Menteri Agama Lantik Dr. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum., Menjadi Kepala Kanwil Kemenag DIY
Hattrick, Kemenag di Era Gus Men Raih Tiga Kali WTP

Berita Terkait

Sabtu, 8 Juni 2024 - 15:08 WIB

Relawan Indonesia: Gaza Sangat Membutuhkan Tenaga Medis

Selasa, 4 Juni 2024 - 09:10 WIB

Palestina Kian Memburuk, Menlu Retno Sampai 6 Prioritas Dukungan Indonesia

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:24 WIB

Pengaruh AS Melemah, Dunia Butuh Penyeimbang China

Rabu, 8 Mei 2024 - 16:38 WIB

MER-C Desak Israel Segera Hentikan Serangan ke Rafah Gaza Selatan

Minggu, 28 April 2024 - 12:49 WIB

Pengurus Kwarnas Budy Sugandi Hadiri 11th Asia-Pacific Regional Scout Leaders Summit di Bangkok

Minggu, 31 Maret 2024 - 08:52 WIB

Bantu Pengungsi Palestina di Yordania, Para Relawan Indonesia Bentuk Care PETRA

Kamis, 28 Maret 2024 - 00:18 WIB

Resolusi DK PBB Tak Dihirau Israel dan Lanjutkan Pembantaian

Selasa, 5 Maret 2024 - 10:43 WIB

Melihat Wajah Mewah TIMNAS, Misi Lolos Round 2 Kualifikasi World Cup Bisa Tercapai

Berita Terbaru

Daerah

Supian Suri Sedang Trending, Difollow Bareng-Bareng

Kamis, 18 Jul 2024 - 05:34 WIB