Pimpinan Komisi VI DPR RI Ingatkan Pertamina Hulu Energi Untuk Terus Tingkatkan Produktivitas Guna Mendukung Ketahanan Energi Nasional

- Jurnalis

Sabtu, 29 April 2023 - 16:21 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siaranindonesia.com, Sumatera Utara – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengingatkan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) agar terus meningkatkan produktivitasnya guna mendukung ketahanan energi nasional.

“PHE harus secara konsisten melakukan perbaikan kinerja untuk mengejar pengeboran sumur agar dapat mencapai target lifting minyak dan gas bumi,” ujar Martin.

PHE merupakan perusahaan yang bergerak di sektor hulu migas. PHE antara lain fokus pada kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi (migas).

Martin menjelaskan bahwa berdasarkan data, PHE selaku Subholding Upstream Sektor Hulu Pertamina, berperan sebagai kontributor utama produksi migas nasional. Pada tahun 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68% produksi minyak nasional dan 34% produksi gas nasional.

“Kontribusi produksi PHE terhadap migas nasional saat ini terhitung besar. Ke depan, PHE harus menjaga dan meningkatkan produktivitasnya, agar terus dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk mendukung ketahanan energi nasional,” ujar Martin, dalam sosialisasi BUMN bertema “Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) Untuk Menjaga Ketahanan Energi Nasional” di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Sabtu, 29 April 2023.

Martin juga mengingatkan, berdasarkan data Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), bauran komposisi energi akan berubah perlahan hingga tahun 2050. Volume kebutuhan akan energi fosil pun akan terus meningkat.

“Karena itu, PHE sebagai kontributor utama harus konsisten menjalankan proses bisnis secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi nasional,” tambah Martin.

Martin juga mendukung pengembangan PHE sebagai pemain utama bisnis hulu migas di Indonesia.

“Mendukung PHE dalam melakukan ekspansi sesuai strategi perusahaan, termasuk dalam hal langkah-langkah investasi, dengan tetap memperhatikan kebijakan sesuai undang-undang yang berlaku dan tidak bertentangan dengan UUD 1945,” tambah Martin.

Martin menjelaskan, saat ini Indonesia merupakan negara net importir minyak. Produksi minyak dalam negeri kita belum bisa memenuhi kebutuhan minyak nasional sehingga diperlukan komitmen pemenuhan target produksi minyak nasional.

“Karenanya, PHE diharapkan dapat berkembang dan menjaga keberlanjutan hulu migas nasional serta dapat membantu memenuhi kebutuhan migas dalam negeri,” pungkas Martin.

Sebagai catatan, PHE telah menjalankan tiga strategi utama untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Pertama, untuk melawan laju penurunan alamiah (natural declining
rate) di wilayah kerja eksisting, PHE melakukan pengeboran sumur pengembangan dan perawatan sumur. Kedua, PHE juga melakukan pengeboran sumur eksplorasi untuk mencari potensi cadangan baru untuk menjaga keberlanjutan bisnis. Ketiga, PHE menjalankan akuisisi di wilayah kerja baru dengan bekerjasama melalui partner dan melakukan ekspansi.

PHE juga berupaya untuk melakukan berbagai macam program dekarbonisasi dalam rangka mendukung Green Strategy PT Pertamina (Persero). Salah satunya melalui pemanfaatan sumber energi gas sebagai energi transisi yang
rendah emisi dan ramah lingkungan.

Seluruh strategi yang dijalankan oleh PHE memiliki kebutuhan pendanaan yang tidak sedikit sehingga PHE perlu mendapatkan dukungan dari berbagai aspek. Antara lain, dari aspek pendanaan dan langkah-langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasional bisa berjalan lancar untuk menjaga ketahanan energi nasional.***

Komentar Facebook

Berita Terkait

Buya Anwar Abbas: Untuk Keselamatan, Jemaah Lebih Baik Ikut Skema Murur
Ada lagi….Tokoh pemuda Gandul elemen relawan Idris Mantap Dukung SS Jadi Walikota Depok
Duet Supian Suri dan Intan Fauzi Paket lengkap tuk Menangkan Hati Rakyat Kota Depok
Pilkada Depok Semakin Dinamis, Alumni Muda Gontor Dukung Supian Suri
58% Orang Tua Pilih Pendidikan Vokasi Bagi Anak
DPD Hanura Papua Tengah Dukung Penuh Oesman Sapta Pimpin Kembali Partai Hanura 2024-2029
Lho! Bahan Makanan untuk Jemaah Haji Indonesia Diimpor dari Thailand
103 Lulusan Sekolah Usaha Perikanan Diserap Perusahaan Asing

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:52 WIB

SMP Kemala Bhayangkari 2 Adakan Kegiatan Trip To Yogya 2024 Bersama Dirgantara AIA Tour Travel

Selasa, 28 Mei 2024 - 15:27 WIB

SMP Arrahman Depok Adakan TRIP Ke Pengalengan

Minggu, 26 Mei 2024 - 23:00 WIB

SMP Wira Buana Bogor Tour Wisuda to Bandung

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:33 WIB

SMPIK Al-Khoeriyah Depok Adakan Trip to Yogyakarta

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:28 WIB

SMP Tirtajaya Depok Adakan Tour Wisuda to Yogyakarta Bersama Dirgantara AIA Tour Travel

Senin, 20 Mei 2024 - 10:13 WIB

SMK Tirtajaya Depok Axakan Trip Bromo Jogja bersama Dirgantara AIA Tour Travel

Senin, 20 Mei 2024 - 10:11 WIB

MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Gelar Goes To Jogja bersama Dirgantara AIA Tour Travel

Jumat, 17 Mei 2024 - 21:28 WIB

Ngubek Empang, Tradisi Lebaran Betawi Depok Simbol Kebersamaan

Berita Terbaru

Rebel hadir dengan warna Gunmetal Black Metallic. - Foto AHM

Otomotif

AHM Luncurkan Rebel 1100 Bagi Pecinta Big Bike Cruiser

Rabu, 12 Jun 2024 - 10:53 WIB