Sarasehan Nasional Kemasjidan Menjawab Tantangan Penguatan Profesionalitas, Moderatisme dan Pemberdayaan

- Jurnalis

Jumat, 17 Maret 2023 - 08:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siaranindonesia.com – Sarasehan Nasional Kemasjidan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama diikuti oleh para pejabat Kementerian Agama dari eselon I dan II, para Kakanwil Kementerian Agama dari 34 provinsi, para alim ulama, para takmir, para akademisi, aktivis dan mitra kemasjidan. Acara dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis-Sabtu (16-18/3/2023).

Stafsus Menteri Agama Moh Nuruzzaman dalam sambutan mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan bahwa kegiatan Sarasehan Nasional Kemasjidan ini sangat tepat, kontekstual, dan strategis. Hal ini karena saat ini berada di tahun politik, yang memiliki potensi konfliktual yang cukup tinggi. Apalagi, kemungkinan penggunaan masjid digunakan untuk aktivitas kampanye politik praktis, wahana penyampaian narasi yang menyerang pihak lain, atau bahkan ruang pergesekan fisik antarpihak yang berbeda pilihan.

“Dengan Sarasehan ini, kita pertegas ruang abu-abu, mana yang boleh dan mana yang tidak, lalu sampaikan dan viralkan pada masyarakat. Mudah-mudahan jamaah semakin cerdas sehingga terbangun keandalan diri menolak politisasi dan melawan tantangan. Untuk mengkontranarasi “potensi konflik tahun politik” ini saya telah mencanangkan 2023 sebagai Tahun Kerukunan. Semoga kita bisa sama-sama menjaga kondusivitas kerukunan beragama dan kerukunan nasional,”ucap Gus Nuruzzaman.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gus Nuruzzaman juga menyampaikan bahwa Menteri Agama menyebut data SIMAS (Sistem Infomasi Masjid) yang sudah terdata di Kementerian Agama saat ini ada 660.290 buah.

“Sebanyak 298.101 diantaranya adalah masjid. Tentu masih banyak masjid dan musala yang belum masuk pada pangkalan data SIMAS ini. Dari jumlah ini saja, masjid besar atau masjid pada level kecamatan berjumlah 5.083 buah, dan masjid jami atau masjid pada level desa atau kelurahan berjumlah paling banyak, yakni 241.402 buah,” paparnya.

Hal ini menjadi tantangan dalam pengelolaan masjid, khususnya dalam penguatan profesionalitas, moderatisme dan pemberdayaan harus ditekankan pada masjid-masjid.

“Karena itu, dalam kesempatan yang baik ini, saya meminta Pak Dirjen, Pak Direktur, bersama para Staf Ahli dan Staf Khusus Menteri Agama, untuk menghidupkan kembali, merevitalisasi Badan Kesejahteraan Masjid (BKM), dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Lakukan langkah-langkah cepat dan strategis untuk membangun kelembagaan, menata regulasinya, hingga upaya-upaya pemberdayaan dan pensejahteraan masjid-masjid kita. Tentu akan sangat sinergis dengan program Masjid Pelopor Moderasi Beragama (MPMB) yang pernah di-launching tahun lalu, ataupun Program Masjid Ramah, yang kini sedang kita kembangkan,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang baik ini, Menag juga mengajak semua anasir dan aktivis kemasjidan (baik K/L, BUMN, lembaga filantropi, LSM, juga sektor swasta) untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk pelayanan umat, dan pemberdayaan masjid-masjid. Jika masjid berdaya, maka jamaahnya kian berdaya, dan Indonesia dengan sendirinya terus maju. (sdr)

Komentar Facebook

Berita Terkait

Ketum HMS Center Ingatkan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto Tak Sekadar Lips Service Tangani Skandal BLBI
Kemenag Matangkan Program Ramah Lansia dan Mitigasi Risiko Haji 2024
Pionir Industri Dekorasi, Startup ArtDigest Jembatani Home Decor dan Estetika Ruang Hidup Demi Keberlanjutan Pembangunan
Tampil Dengan Kemasan Baru, Mustika Ratu Hair Care Series Kini Identik dengan Sentuhan Gen Z dan Milenial
Limbah Kerang Jadi Batako Penghasil Listrik di Tangan Mahasiswa
Enigwatch, Pionir Elegansi dan Fungsionalitas dalam Dunia Jam Tangan, Segera Wujudkan Toko Offline-nya
Ruzana Sabet Gelar Juara Sri Lanka International Series 2024
Indonesia Gagal Raih Gelar di BATC 2024, Begini Respons PBSI

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:42 WIB

Ketum Persis Sebut Kecurangan dan Hoaks adalah Musuh Bersama

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:39 WIB

PMI Kota Tangerang Bersama RSUD Kota Tangerang Ajak Masyarakat Untuk Berbagi Kesehatan Dengan Donor Darah

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:36 WIB

Ungkap Kedekatan Dante Cucunya dan Yudha Arfandi, Ibunda Tamara Tyasmara: Kami Begitu Hancur

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:34 WIB

Nikita Willy Kabarkan Dirinya Keguguran Calon Anak Kedua, Usia Kandungan 7 Minggu

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:27 WIB

Bakal Jadi Mertua Ayu Ting Ting, Ayah Lettu Fardana Tak Persoalkan Masa Lalu Calon Menantu

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:23 WIB

50 Bibit Cabai Ditanam di Masjid Al Hasanah Kalisari

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:20 WIB

Renaga Tahier Didugat Cerai Istri, Orang Ketiga Diduga Jadi Sebab

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:17 WIB

Sudin Pusip Jakut Edukasi Literasi Pelajar SD Negeri Sunter Agung 09

Berita Terbaru