Mengetahui Fungsi Baling-Baling bagi Helikopter

  • Bagikan

Siaranindonesia.com-Jika kita perhatikan Helipkopter yang bisa terbang dengan baling-baling yang memutar, kita jadi bertanya, bagaimana caranya baling-baling yang tidak seberapa besar dan hanya berputar saja bisa mengangkat beban yang berat sekali.

Ternyata jawabannya simpel karena terdapat pada bentuk baling-baling yang melengkung diatas dan rata dibawah. cara kerja baling-baling dengan bentuk seperti itu dapat menghasilkan gaya dorong keatas yang cukup besar untuk mengangkat badan helikopter. Dengan berputar super kencang baling-baling itu menyedot banyak udara dan tekanan udara yang tinggi itu akhirnya bisa mendorong helikopter keatas dan akhirnya bisa terbang.

Jika dibandingkan antara Helikopter dengan Pesawat, maka bedanya adalah jika helkopter butuh gaya dorong keatas maka pesawat butuh dorong kedepan. Makanya Pesawat tidak bisa maju mundur atau diam ditempat seperti Helikopter.

Berbicara tentang Helikopter, maka tidak bisa lepas dari peran dari orang Rusia bernama Igor Sikorsy. Igor Sikorsky ternyata sudah mempunyai desain awal helikopter modern sejak tahun 1931. Seiring berjalannya waktu, Helikopter sudah semakin canggih dan cepat. Saat ini bahkan dunia sudah mempunyai Helikopter supercepat dari Rusia yang mempunyai dua baling-baling yang bisa memberikan gaya dorong yang super besar.

Selanjutnya apakah helikopter bisa terbang ke luar angkasa? jawabannya tidak, hal ini karena baling-baling yang menjadi kunci utama helikopter untuk terbang ternyata memang butuh udara. Hal ini mustahil ada udara diluar angkasa, karena diluar angkas hampa udara.

 

  • Bagikan