5 Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Lebih Nyenyak

  • Bagikan

JAKARTA, Siaranindonesia.com – Apakah Anda memilliki kesulitan tidur tidak peduli seberapa lelah Anda? Atau apakah Anda terbangun di tengah malam dan terbangun berjam-jam? Insomnia adalah masalah yang sangat umum yang membahayakan energi, mood, dan kemampuan Anda untuk berfungsi di siang hari.

Salah satu penyebab paling umum insomnia adalah kegelisahan atau kekhawatiran kronis. Anda tidur di malam hari tapi tidak bisa tertidur karena pikiran Anda berpacu dengan pikiran cemas tentang apa yang Anda lakukan hari ini, tentang apa yang mungkin terjadi besok, atau merasa terbebani oleh tanggung jawab sehari-hari.

Remaja saat ini cukup banyak yang cenderung mengalami masalah insomnia. Kebanyakan dari mereka memilih untuk melakukan suatu pekerjaan ketika malam hari hingga larut malam dan akhirnya tidak dapat tidur.

Dalam hal ini, remaja harus lebih bisa melakukan manajemen waktu yang baik, ketika melakukan suatu perkerjaan, jangan sampai mengganggu waktu tidur atau istirahat mereka.

Kemudian, beberapa diantaranya juga banyak yang menghabiskan waktu tidur atau istirahat untuk bermain gadget untuk sekedar membuka media sosial atau bermain games hingga tak kenal waktu.

Hal ini perlu diatasi, karena insomnia kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk belajar bagaimana menghentikan kekhawatiran pada waktu tidur dan melihat perspektif kehidupan dari yang lebih positif untuk membantu menenangkan pikiran ketika ingin tidur.

1. Gunakan Kamar Tidur Sesuai Fungsinya.

Jangan bekerja, nonton TV, atau gunakan komputer di tempat tidur atau kamar tidur. Tujuannya adalah untuk mengasosiasikan kamar tidur dengan tidur sendiri, sehingga otak dan tubuh Anda mendapat sinyal kuat bahwa sudah saatnya untuk beristirahat ketika Anda naik ke tempat tidur.

2. Matikan Semua Layar Setidaknya Satu Jam Sebelum Tidur.

Matikan lampu, dan fokus pada aktivitas menenangkan dan menenangkan, seperti membaca, merajut, atau mendengarkan musik lembut.

3. Hindari Merangsang Aktivitas dan Situasi Stres Sebelum Tidur.

Ini termasuk diskusi atau argumen besar dengan pasangan atau keluarga Anda, atau mengejar pekerjaan. Tunda hal ini sampai pagi hari.

4. Keluar dari Tempat Tidur saat Anda Tidak Bisa Tidur.

Jangan memaksakan diri untuk tidur. Hilangkan kegelisahan dengan tinggalkan kamar tidur, dan lakukan sesuatu yang santai, seperti membaca, minum secangkir teh herbal, atau mandi. Hingga rasa mengantuk muncul,kemudian kembali tidur.

5. Manfaatkan Respons Relaksasi Tubuh Anda.

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan pernapasan dalam tidak hanya membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan ketegangan di tubuh, tapi juga membantu Anda tertidur lebih cepat. Dibutuhkan latihan rutin untuk mempelajari teknik-teknik ini dan manfaatnya untuk penghilang stress. Anda bisa melakukannya sebagai bagian dari rutinitas tidur Anda atau saat Anda sedang berbaring bersiap untuk tidur.

 

Laporan: Sri Rahayu Septianingsih

  • Bagikan