Mudahnya Muslim Amerika Berangkat Haji

  • Bagikan

MAKKAH, SiaranIndonesia.com-Sekitar 11 ribu Muslim asal Amerika Serikat menunaikan ibadah haji tahun ini. Selain karena perkembangan Islam yang sangat pesat, layanan haji di Amerika sangat mudah dan cepat.Di Amerika Serikat, sebagaimana di negara-negara minoritas muslim lainnya seperti swiss, jerman, perancis, dan lain sebagainya, seseorang bisa berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji hanya dalam kurun watu 1-4 minggu.

Duta besar Amerika Serikat, Joseph W. Westphal, menyatakan terima kasih dan penghargaan kepada Arab Saudi atas pelayanan terhadap jamaah haji Amerika Serikat. Staf Kedubes AS dan relawan sangat bersemangat untuk melayani para jamaah haji dan menyediakan bantuan yang mereka butuhkan.

“Kedubes AS telah meluncurkan situs terpisah yang berisi informasi yang berguna bagi para jamaah Amerika, termasuk kondisi perjalanan ke Arab Saudi, cara menyewa mutawwif (panduan haji) di samping informasi tentang visa, haji bagi wanita, pelayanan kesehatan, rute transportasi, cara mengirim air Zamzam, dan nomor darurat,” kata Westphal.

Perkembangan Islam ditandai dengan berkembangnya berbagai fasilitas seperti, masjid, restoran halal, fashion syar’i, sekolah atau taman kanak-kanak khusus warga muslim, hingga kebutuhan yang sifatnya tidak umum seperti haji dan umrah. Di Amerika sendiri, setiap tahunnya ada sekitar 10.000 jemaah yang melaksanakan ibadah haji ke tanah seci Mekkah dengan rincian setiap agen perjalanan haji melayani 100-200an jemaah.

Amerika Serikat memiliki tiga juta Muslim dari total populasi 307 juta jiwa di 50 negara. Tiga puluh tiga persen Muslim AS dari Asia Selatan, India, Pakistan dan Bangladesh.

  • Bagikan

Comment