UNICEF: 900 Ribu Anak Nepal Terkena Dampak Gempa

  • Bagikan

KATHMANDU, SiaranIndonesia.com – Badan PBB untuk anak-anak, UNICEF, memperkirakan setidaknya 940 ribu anak terkena dampak gempa Nepal yang tersebar di wilayah Gorkha, Rasuwa, Sindhupalchowk dan Kathmandu.

“Krisis ini membuat anak-anak sangat rentan—terbatasnya akses terhadap air bersih dan sanitasi akan menempatkan anak-anak pada risiko besar dari penyakit yang ditularkan melalui air, sementara beberapa anak mungkin telah terpisah dari keluarga mereka,” kata UNICEF.

Sejak gempa mengguncang Nepal dengan kekuatan 7,9 SR pada Sabtu (25/4), sangat sulit untuk menakar seberapa kerusakan yang terjadi di luar ibu kota Kathmandu karena akses yang sangat terbatas, tanah longsor, serta jaringan komunikasi yang buruk.

Tidak hanya itu, para pekerja bantuan mengatakan staf mereka, termasuk mereka yang sudah dilatih untuk penanggulangan bencana, masih merasa trauma karena gempa dan gempa susulan. Banyak dari mereka juga kehilangan anggota keluarga dan properti.

Gempa susulan sendiri terjadi sebanyak 60 kali, dengan yang terbesar di angka 6,7 SR terjadi pada Minggu (26/5).

Koordinasi badan-badan bantuan yang dipimpin oleh pemerintah Nepal diharapkan akan mulai menyebarkan bantuan makanan, air minum, hingga selimut dan terpal untuk para korban selamat pada Senin (27/4).

Kamp bantuan kemungkinan akan didirikan dalam beberapa hari mendatang.

“Ratusan ribu orang tidur di tempat terbuka karena mereka terlalu takut untuk kembali dalam bangunan karena gempa susulan,” kata manajer kemanusiaan Oxfam India, Zubin Zaman.

“Saat ini dingin, gelap dan sekarang hujan. Mereka tidak memiliki perlindungan, tidak ada tempat berlindung. Kita harus bergerak cepat,” ujar Zaman. [CNN/AS]

  • Bagikan

Comment