Jaga Kebersihan Wajah dengan Tepat

  • Bagikan

 

Pembersihan wajah dimulai dengan membersihkan riasan hingga minyak berlebih. Ada banyak pertanyaan tentang membersihkan wajah, misalnya harus membersihkan wajah di rumah sepanjang hari? Terlepas dari jenis kulit, tekstur kulit, aktivitas atau kondisi saat ini, wajah tetap perlu dibersihkan setiap hari.

Cara membersihkan atau membasuh wajah berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan penampilan. Berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan wajah :

  1. Gunakan produk pembersih ringan bebas alkohol dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda.
  2. Basuh wajah Anda dengan air hangat, lalu celupkan jari Anda ke dalam sabun wajah. Hindari penggunaan handuk, spons, atau benda lain karena sangat berbahaya menyebabkan iritasi kulit.
  3. Hindari menggosok wajah Anda karena ini akan mengiritasi kulit.
  4. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.
  5. Jika kulit Anda terasa kering, gunakan pelembab. Saat mengaplikasikan krim, aplikasikan dengan lembut, terutama di sekitar mata.
  6. Batasi mencuci muka dua kali sehari dan setelah berkeringat. Cuci muka dipagi dan sore hari serta setelah berkeringat.

 

Beberapa langkah yang diperbolehkan bahkan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan wajah:

  1. Hapus riasan dengan benar

Menggunakan produk ini untuk menghilangkan riasan dapat memulai langkah-langkah pembersihan wajah. Menghapus riasan dari wajah dapat mencegah penyumbatan pori-pori. Jika perlu, gunakan dua langkah untuk mencegah pori-pori tersumbat. Langkah kedua setelah menghilangkan riasan adalah menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Untuk mata, harap hindari menggosok, tapi tekan saja. Ini karena kulit di area mata sangat halus.

  1. Dengan air hangat

Lupakan mitos bahwa air hangat bisa membuka pori-pori, karena sebenarnya tidak demikian. Faktanya, air yang digunakan pada suhu ekstrim dapat dengan mudah mengiritasi kulit.

  1. Gunakan air misel

Tentunya Anda sudah sering mendengar tentang micellar water bukan? Molekul dalam micellar water akan menempel pada kosmetik dan akan hilang.

  1. Gunakan handuk lembut

Saat Anda mengeringkan wajah, gunakan handuk bersih yang lembut. Tepuk tindakan tersebut dan hindari menggosok handuk di wajah Anda.

  1. Gunakan toner

Toner bukanlah langkah dalam mencuci muka. Namun, toner berperan dalam mengembalikan keseimbangan pada kulit. Toner adalah formula cairan ringan yang dapat digunakan untuk mengatur ulang pH, sehingga melindungi kulit dari bakteri.

Apa itu eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Eksfoliasi dapat digunakan untuk merawat kulit kering atau kusam, memperlancar peredaran darah, mencerahkan warna kulit dan memperbaiki kulit. Pilih produk eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Bagikan