oleh

Jannah Firdaus Tour and Travel Fokus Berikan Pelayanan dan Kenyamanan Ibadah 

Jakarta – Biro perjalanan ibadah umrah dan haji khusus Jannah Firdaus Tour and Travel yang telah memiliki izin resmi sebagai travel berizin dari Kementerian Agama Republik Indonesia kini berkembang semakin maju setelah diakuisisi oleh Syarikah Booking Internasional.

Syarikah Booking Internasional merupakan perusahaan perhotelan, catering, handling, Land arrangement dan muasasah yang sudah berdiri sekitar 15 tahun di Arab Saudi.

Melihat perkembangan waktu, Pada bulan Februari 2020, Syarikah Booking Internasional mengakuisisi Jannah Firdaus Tour and Travel.

“Travel ini sudah lama berdiri, yaitu sejak tahun 2003 dan sudah lengkap izin umrah (PPIU) maupun izin haji (PIHK). Begitu juga dengan izin IATA domestik maupun Internasional. Tadinya kantor di Jawa Barat kemudian kita pindahkan ke Jakarta,” ucap Direktur Utama Jannah Firdaus Tour and Travel Bambang Cahyadi, di Jakarta, Selasa (5/1/2021).

 

Layanan

Bambang Cahyadi menjelaskan, melalui manajemen baru dalam mengelola Jannah Firdaus Tour and Travel, Ia memiliki resep jitu untuk mengembangkan dan membesarkan Jannah Firdaus. Menurutnya, komitmen yang dibangun Jannah Firdaus adalah best price best servis, atau harga bagus dengan pelayanan prima. Meski tidak gampang, Bambang akan mempertahankan secara istiqomah dan mengutamakan pelayanan.

“Kita memberikan harga murah tapi tidak murahan, karena kita sebagai provider, memiliki handling, catering, hotel, sehingga harga di kita lebih murah. Pelayanan yang kita berikan juga sangat prima,” ucapnya.

Menurut Bambang Cahyadi, ada kejadian yang tidak bisa dilupakan oleh para jamaah saat menjalankan ibadah umrah di masa pandemi pada Desember 2020 lalu. Dimana, para jamaah yang seharusnya pulang ke Indonesia pada tanggal 23 Desember 2020 harus ditunda akibat kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang menutup akses penerbangan internasional hingga 2 minggu.

“Kita sebagai travel kan seharusnya tanggung jawab sampai tanggal 23, setelahnya itu kan bukan kesalahan kita. Kita juga malah seharusnya berhak minta tambahan biaya ke jamaah karena seharusnya pulang tapi tidak jadi terbang. Jannah Firdaus menanggung semua biaya jamaah, bahkan satu rupiahpun kita nggak minta ke jamaah, itu yang membuat surprise jamaah,”sambungnya.

Menurut Bambang Cahyadi, pelayanan yang diberikan oleh Jannah Firdaus Tour and Travel kepada jamaah juga sudah terbukti banyak jamaah ketika pulang ke Tanah Air meneteskan air mata, sujud syukur, dan mendoakan Jannah Firdaus.

Selain pelayanan secara umum, Jannah Firdaus Tour and Travel juga fokus memberikan pelayanan dari segi ibadah, sehingga kenyamaan para jamaah saat beribadah dapat tercapai dengan baik.

“Jamaah ke sana kan niatnya untuk ibadah. Sehingga kita pilihkan tour leader yang qualified dari segi agamanya, begitu juga dengan muthowifnya. Sehingga jamaah akan merasa nyaman dan khusyu menjalankan ibadah,” ungkapnya.

 

Paket

Jannah Firdaus tour and travel sebagai provider hotel maupun provider handling memiliki dua paket, yaitu paket B to B dan paket B to C.

Untuk paket B to B yaitu Bisnis to Bisnis hanya diberikan kepada para agen travel , sedangkan paket B to C yaitu Bisnis to Consumen diberikan kepada masyarakat umum atau jamaah yang mau ibadah ke Tanah Suci.

Untuk Paket B to C, Jannah Firdaus menawarkan tiga paket, yaitu Paket Firdaus (VIP) yang dipatok seharga Rp 27,5 juta. Fasilitas yang didapatkan jamaah yaitu hotel bintang 5, pesawat Garuda Indonesia atau Saudi Airlines (PP),serta perlengkapan umrah seperti kain ihram, koper dan lainnya.

Kedua yaitu paket Addn atau paket regular, dipatok dengan harga Rp 25 juta. Dan yang ketiga yaitu paket Darussalam atau paket ekonomi yang dipatok dengan harga Rp 20juta.

“Semua pelayanan kepada jamaah sama, yang membedakan hanya hotel saja,”ucap lulusan mahasiswa Arab Saudi.

Guna memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah, Jannah Firdaus Tour and Travel dalam seminggu mengadakan keberangkatkan 3 kali.

Bambang Cahyadi menargetkan, di tengah situasi pandemi covid-19 seperti saat ini, Jannah Firdaus berharap bisa memberangkatkan diatas 10 ribu jamaah dalam satu musim. “kita juga sudah MoU dengan beberapa asosiasi travel umrah haji dan sudah banyak, insya Allah tercapai,”ungkapnya.

Selain umrah, Jannah Firdaus Tour and Travel juga melayani haji khusus maupun haji furoda.

Hingga kini, Jannah Firdaus telah berkembang pesat dan telah memiliki beberapa kantor cabang di Indonesia, diantaranya Lombok, Kalimantan, Bogor, Bandung, Medan, Surabaya dan Malang. Jannah Firdaus juga membuka peluang bagi siapa saja yang mau membuka kantor cabang bisa melakukan kerja sama langsung.

Bambang Cahyadi berharap, Keberadaan Jannah Firdaus dapat memberikan jawaban atas ketidaknyamanan para jamaah akibat terjadinya penipuan yang selama ini terjadi. Menurutnya, cita-cita ke Indonesia pertama untuk menghilangkan rasa frustasi jamaah akibat penipuan yang dilakukan oleh travel seperti yang telah terjadi hampir setiap tahun. kedua yaitu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kenyamanan ke jamaah, nyaman kepada cabang dan kepada agen.

“Karena begini, ada travel yang harganya mahal dengan tujuan supaya fee yang diberikan kea gen atau cabang besar, tapi itu yang jadi korban jamaah, agen semangan tapi yang dikorbankan jamaah,karena harganya menjaddi tinggi. Yang diuntungkan agen dan cabang. Kalau kita nggak, harga murah tapi fee agen kita besar, fee cabang kita besar dan jamaah kita juga bayarnya nggak besar. Sehingga agen kita penjualannya kuat dan jamaah ketika melihat harga kita juga tidak terlalu terbebani,”ucapnya.

Selain memberikan pelayanan terhadap jamaah umrah dan haji, Jannah Firdaus Tour and Travel yang beralamat di Golf Lake Residences, Rukan Venice Blok B No. 108, Cengkareng, Jakarta Barat juga menyediakan paket halal tour ke berbagai destinasi. Seperti Turki, Mesir, Palestina, Dubai dan Negara-negara timur tengah lainnya. Janaah Firdaus Tour and Travel juga mengagrap pasar Halal Tour Asia seperti ke Jepang, Cina, Korea dan lainnya.

News Feed