oleh

Ini Pemenang Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an 2020

Jakarta – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang-Diklat Kemenag mengumumkan pemenang Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an. Pengumuman pemenang berlangsung di Gedung Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, Jakarta Timur, Jumat (13/11), dan disiarkan langsung cahnnel Youtube Lajnah Kemenag.

Hadir, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Achmad Gunaryo dan Kepala LPMQ, Muchlis M. Hanafi.

“Kami merasa bahagia dan terhomat atas antusiasme peserta mengikuti lomba ini. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya 146 peserta yang mengirimkan karya terbaik mereka di bidang seni hias iluminasi mushaf Al-Qur’an kepada panitia,” tutur Gunaryo.

Menurutnya, tradisi penyalinan mushaf Al-Qur’an telah berlangsung sejak dahulu di Nusantara. Saat ini, ada sekitar 1500 naskah mushaf Al-Qur’an kuno dengan berbagai motif ragam hias iluminasi yang telah ditemukan. Warisan tersebut banyak tersimpan di museum, pesantren, dan ada juga yang menjadi koleksi pribadi.

“Tradisi tersebut harus dilestarikan dan dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi. Dan pemerintah berkewajiban mendukung upaya pelestarian seni hias mushaf ini,” jelasnya.

Kepala LPMQ Muchlis M. Hanafi menambahkan, kompetisi ini bertujuan mencari karya terbaik dalam seni hias iluminasi Al-Qur’an di Indonesia, meningkatkan keterampilan para seniman mushaf, serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni mushaf. Ajang ini juga sekaligus untuk mencari desain cover terbaik untuk mushaf Al-Qur’an yang setiap tahun dicetak oleh Kementerian Agama.

“Kita ingin mengapresiasi sekaligus mendorong para seniman hias iluminasi mushaf Al-Qur’an untuk terus mengembangkan kesenian ini. Karya-karya terbaik pemenang lomba akan kita manfaatkan untuk cover mushaf Al-Qur’an,” jelasnya di hadapan dewan hakim, tamu undangan, dan para peserta lomba yang mengikuti secara live dari zoom meeting.

Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an berlangsung sejak 14 Agustus 2020. Pendaftaran dibuka hingga 30 Oktober 2020 dan tercatat ada 146 peserta. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai kaligrafer, seniman, desain grafis, pelajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Peserta juga berasal dari hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia

Lomba Iluminasi Mushaf Al-Qur’an tingkat Nasional ini meliputi satu paket kesatuan karya iluminasi yang terdiri atas konsep karya, sampul/kulit mushaf (depan, punggung, dan belakang), iluminasi awal mushaf (menghiasi Surah al-Fatihah dan awal Surah al-Baqarah), bingkai halaman teks Al-Qur’an, hiasan tepi halaman (menghiasi tanda ‘ain ruku’, hizb, juz, manzil, waqaf lazim, dan sajdah), kepala surah, dan tanda ayat.

Proses penjuarian dilakukan pada 2 – 9 November 2020. Penilaian dilakukan oleh Dewan juri dari kalangan profesional dengan berbagai keahlian, di antaranya: ahli seni mushaf, seni kriya, dan desain grafis. Keriteria penilaian mencakup motif ragam hias, komposisi warna, dan karakter ‘keindonesiaan’.

Berikut daftar pemenang yang diumumkan oleh Dr. Achmad Haldani Destiarmand selaku perwakilan dewan juri melalui aplikasi zoom meeting:

1. Husaini (Juara Satu/hadiah Rp20.000.000),
2. Riyan Yogo Wibowo (Juara Dua/hadiah Rp15.000.000),
3. Zainul Mujib (Juara Tiga/hadiah Rp12.000.000),

4. Habibullah (Harapan Satu/Rp10.000.000),
5. Lukman Hakim (Harapan Dua/Rp8.000.000),
6. Imam Sobar (Harapan Tiga/Rp7.000.000),-

Selain itu, ada 10 juara favorit. Mereka masing-masing berhak menerima hadiah sebesar Rp5.000.000 dengan penerima sebagai berikut:

1. Muhamad Erik Setiadi,
2. Muhamad Wahyudin,
3. Nana,
4. H. Anshoruddin Amin,
5. Ahmad Ashof,

6. Nur Syamsi,
7. Rakhmat Abdillah,
8. Dodi,
9. Sucipto, dan
10. Ibnuart Nur Iskandar.

News Feed