oleh

Ahli Hukum Maritim Dodi Sugianto Lulus Cum Laude dengan Gelar Doktor di Unpad

JAWA BARAT, Siaranindonesia.com-Ahli Hukum Maritim Nasional Dodi Sogianto menjadi wisudawan terbaik Program Doktor di Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.0 atau predikat Cum Laude. Dodi menjalani prosesi wisudanya melalui virtual zoom, Depok, Jawa Barat, Kamis (5/11/2020)

Prosesi wisuda berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan walaupun melalui virtual zoom, seperti menggunakan masker, physical distancing dan memakai hand sanitizer. Setelah diwisuda, Dodi mengungkapkan rasa syukurnya bisa menjalani prosesi wisuda program S3 dengan lancar dan tanpa ada hambatan yang berarti.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT bisa menyelesaikan pendidikan doktoral di Universitas Padjadjaran, saya mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang selalu mensupport saya,” ucap alumni Unpam tersebut.

Dodi sebelumnya dinyatakan lulus S3 dengan predikat Cumlaude setelah mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Tanggungjawab Pengusaha Kapal dan Tanggungjawab Negara Terhadap Pencemaran laut Oleh Minyak dari Kapal Tanker di Wilayah Perairan Indonesia dalam Kerangka Pembangunan Kemaritiman Nasional”.

Dalam disertasinya Dodi Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data yang terkumpul tersebut kemudian dianalisis dan disimpulkan berdasarkan fenomena yang diteliti.

“Penelitian ini menggunakan data dari berbagai sumber dan semoga bisa bermanfaat bagi khazanah pengetahuan dalam dunia akademis,” ujar Ketua Umum Himpunan Alumni Hukum (HIMNIKUM) Unpam tersebut.

Dalam penelitiannya, Dodi menemukan pentingnya Pengoptimalan pungsi dan tanggung jawab mahkamah pelayaran sebagai pengadilan yudisial seperti pengadilan umum saat ini yg memiliki pungsi eksekusioner. Hal ini sangat penting dalam pelayaran yang ada di Indonesia.

“Pengoptimalan fungsi dan tanggung jawab mahakamah pelayaran sangat penting sebagai pegadilan yudusial,” jelas kata pegiat Hukum Maritim tersebut.

Dodi juga menambahkan bahwa fungsi tanngungjawab dan wewenang mahkamah palayaran harus di optimalkan. Menurutnya hal itu sesuai dengan pasal 251-356 Undang-undang No 17 tahun 2018.

Selain itu peratifikasi konvensi-konvensi internasional yang bisa memberikan kepastian hukum yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Diketahui Dodi Sugianto meraih gelar Serjana Hukum dan Magister Hukumnya dari Universitas pamulang dan meraih gelar Magister Kenotariatan dari Universitas Jayabaya serta yang terakhir meraih gelar Doktor Ilmu Hukum Kamaritiman dari Universitas Padjadjaran.

News Feed