oleh

Kegiatan PkM Universitas YARSI Membantu Usaha Warung Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Jakarta – Pandemi covid-19 saat ini membuat para pengusaha warung harus berinovasi, sehingga dapat bertahan dan meningkatkan pendapatan.

Berbagai macam strategi bisa dilakukan oleh para pengusaha warung, salah satunya adalah menerapkan e-commerce pada strategi pemasaran.

Tim Pengabdian Masyarakat (PkM) dari Universitas YARSI dan didanai oleh Kementerian Ristek BRIN ikut berperan serta dalam membantu para pengusaha warung tersebut untuk bertahan di masa pandemi ini.

Peran serta tersebut dengan melakukan berbagai macam pelatihan sehingga para pengusaha warung dapat menerapkan e-commerce selama masa pandemi. Pengusaha warung yang bermitra dengan Tim Pengabdian Masyarakat Universitas YARSI adalah para pengusaha warung yang tergabung dalam Kelompok Usaha Warung Sejahtera.

Webinar PkM Universitas YARSI dan Para Pengusaha Warung

Kelompok Usaha Warung Sejahtera ini dibentuk oleh Yayasan Oase Anak Bangsa yang berlokasi di Jalan Sungai Bambu IV no. 20 RT 006 RW 08 Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tim Pengabdian Masyarakat diketuai oleh Prof. Dr. Nurul Huda, SE, MM, M.Si dan Yayasan Oase Anak Bangsa dipimpin oleh Rosmelani, MM.

Prof. Dr. Nurul Huda mengungkapkan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilakukan dalam beberapa kegiatan.

“Kegiatan ini dimulai dengan workshop secara online pada tanggal 11 Agustus, 19 Agustus, 11 September, dan tanggal 8 Oktober 2020,”ucap Prof. Dr. Nurul Huda dalam keterangannya.

Lebih lanjut, beliau menambahkan, “Workshop yang kami lakukan tidak saja mengenai bimbingan teknis tentang digital marketing, namun juga berkaitan dengan motivasi entrepreneurship dan bimbingan teknis membuat kemasan lebih menarik,”papar Prof. Dr. Nurul Huda.

Program kegiatan pada masyarakat tersebut tidak saja berupa workshop online, tapi juga membantu 2 pengusaha warung meningkatkan pendapatan dengan peningkatan bentuk kemasan produk yang lebih menarik.

Sementara itu, Rosmelani, MM selaku Kelompok Usaha Warung yang menjadi mitra mengungkapkan rasa senang dapat dibantu oleh tim pengabdian masyarakat dari Universitas YARSI.

“Kegiatan ini sangat membantu anggota kami. Ketika masa pandemic covid-19 baru terjadi, mereka mayoritas mengalami penurunan omset, setelah mengikuti kegiatan ini, omset mereka mulai meningkat,” jelasnya.

News Feed