oleh

Ini Penjelasan KPU Kebumen, Pilkada Tetap Dilaksanakan Ditengah Covid-19

Ditengah pandemi Covid-19, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kebumen tahun ini tetap akan dilaksanakan. Pilkada Kebumen ditetapkan tanggal 09 Sesember 2020. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Agus Hasan, Komisioner KPU Kebumen.

“Walaupun pelaksanaannya di tengah pandemi, pilkada pada tahun ini akan tetap dilaksanakan. Karena KPU kabupaten Kebumen hanya mengikuti perintah dari pusat. Jika tidak melaksanakannya, justru akan terkena sanksi yang berlaku di dalam undang-undang,” tegas Agus, Rabu, (21/10/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, Pilkada di Kebumen tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Diantaranya, Pilkada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi covid 19. Sehingga, dikatakan Agus, dalam pelaksanaannya pun ada perbedaannya, seperti penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Seluruh penyelenggara Pilkada mulai dari KPU kabupaten sampai KPPSnya wajib melakukan rapid tes agar tidak menjadi klaster baru,” ujar Komisioner KPU kabupaten Kebumen ini.

Paparnya lagi, Pilkada di Kebumen 2020 hanya diikuti satu pasangan calon yaitu Arif Sugiyanto dan Ristawati purwaningsih. Calon tunggal ini diusung oleh 9 (sembilan) partai politik (parpol) yang diantaranya yaitu PDI-P, PKB,Gerindra, Golkar, PPP, NasDem, PAN, Demokrat, dan PKS.

“Seandainya jika pilkada ini dimenangkan oleh kotak kosong, maka bupati dan wakil bupati tersebut akan dipilih oleh pemerintahan pusat,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkada merupakan pemilihan umum untuk memilih pasangan calon kepala daerah. Mekanismenya bisa di usulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik dan bisa juga perseorangan. // Berlian, Iqbal, Shubhan

News Feed