oleh

PKPT IPNU IPPNU AL GHAZALI Cilacap Gelar TOF

Cilacap – Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) AL GHAZALI Cilacap menggelar acara Training Of Fasilitator (TOF) bertemakan meningkatakan kualitas diri untuk mengelola dan mengembangkan organisasi, di gedung PCNU Kabupaten Cilacap pada Sabtu-Minggu (3-4/10).

Tampak hadir dalam acara pembukaan, Ketua PC IPNU IPPNU Kabupaten Cilacap , jajaran pembina, alumni, dan beberapa tamu undangan. Ketua PC IPNU Cilacap yang diwakilkan oleh Rekan Lukman Nur Hakim memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara.

Dikatakan Lukman dalam sambutan, berorganisasi di IPNU IPNNU yang utama adalah luruskan niat. Selain itu, sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih kritis dalam banyak hal dibanding pelajar lain yang masih di bangku sekolah atau Ranting.

Lanjut Lukman, untuk menjaga kader agar merasa terayomi dalam organisasi adalah dengan mengadakan kegiatan yang kreatif dan menarik. Selain itu, membangun jaringan juga penting dalam mengembangkan organisasi.

“Hal penting dalam merawat kader adalah dengan membuat program atau kegiatan yang kreatif dan menarik. Selain itu, membangun jaringan dalam organisasi juga perlu”. Kata Lukman dalam sambutannya di gedung PCNU (3/10).

Rizki Anugrah Pratama, Ketua Panitia acara mengatakan, kegiatan TOF ini digelar dalam rangka peningkatan kualitas kader PKPT IPNU IPPNU agar dapat menjadi penggerak dalam sebuah organisasi. Adapun peserta pelatihan adalah Pengurus PKPT IPNU IPPNU yang akan dilatih dan digembleng selama kurang lebih 18 jam, dimulai sejak Sabtu sore hingga Minggu siang.

“Merucut ke pengertian sendiri, training of fasilitator adalah pelatihan untuk tim fasilitator. Pelatihan ini menitik beratkan pengembangan skil dan wawasan kader sesuai kebutuhan organisasi. Minimal mereka para peserta dapat menjadi fasilitator, orang yang menjadi patokan atau penggerak dalam organisasi,” kata Rizki.

Ketua PKPT IPNU, Hilmi Maulidda Achmad mengatakan, kegiatan TOF adalah program dari Departemen Kaderisasi, yang mana kaderisasi internal belum maksimal. Maka dari itu perlu adanya upgrade kualitas kader.

Sementara itu, Ketua PKPT IPPNU, Ni’matul Masruroh juga mengharapkan, adanya kegiatan TOF dapat melatih calon fasilitator agar dapat memiliki kualifikasi sebagai fasilitator yang profesional. /Ngafif eM

News Feed