oleh

Dekopinwil DKI Jakarta Melakukan Kerjasama dengan Jasa Pengiriman JNE

Jakarta – Dekopinwil DKI Jakarta langsung tancap gas. Senin, 21/9/2020 langsung menadatangani nota kesepahaman atau MoU dengan JNE Koperasi PUNAKAWANE. Menurut Soeryo, Ketua Dekopinwil DKI, dimaksudkan menjadi payung hukum kerjasama usaha anggota Dekopinwil DKI Jakarta.

Menurut Soeryo, usaha yang tidak bisa tergantikan dalam era digital ini adalah usaha kurir atau pengiriman. Koperasi dengan jaringan yang sangat luas, baik antar koperasi maupun antar anggota mempunyai peluang mengembangkan usaha ini, tandasnya.

Kalau digerakan oleh koperasi, dengan masing-masing koperasi sebagai simpul jaringan dan anggotanya menjadi ujung tombak distribusi atau kurir ini tentu saja sangat dahsyat. Para anggota bisa mempunyai penghasilan tambahan, dan tentu koperasi sebagai koordinatornya juga memperoleh pendapatan. Apalagi, saat ini transaksi barang digital berkembang sangat pesat, dan hampir seluruhnya memerlukan jasa pengantaran atau kurir, ujar Soeryo.

Dekopinwil DKI memulai dengan MoU ini, selanjutnya tentu ada pengenalan atau transfer pengetahuan tentang liku-liku bisnis pengantaran ini. Jadi Dekopinwil DKI juga akan melakukan edukasi, atau pelatihan kepada koperasi untuk mengembangkan usaha ini. “Justru di sini peran Dekopin sebagai fasilitator dan fungsi edukasi berjalan,” ujar Soeryo.

Selanjutnya, bagi anggota baik Pusgab maupun primer dan anggota primer tingkat Dekopinda tinggal mendaftar saja, langsung Dekopinwil mengarahkan implementasi usaha ini. “Ke depan Dekopinwil akan concern pada fasilitasi usaha-usaha anggotanya, yang hampir lima tahun belakangan ini tidak berjalan dengan baik,” ujar Soeryo. Dan masih banyak usaha yang Dekopinwil akan rintis dan akan mulai direlease bulan depan, pungkas Soeryo.

Sementara itu, dari pihak JNE Koperasi PUNAKAWANE, yang diwakili Arief Kurniawan, Komisaris menyambut baik kerjasama ini. “Saya juga ketua Koperasi Pusat Paguyuban Karyawan Koperasi TIKI, jadi saya paham bagaimana mengembangkan kerjasama antar koperasi,” ujar Arief.

Ke depan, kami akan menggerakkan semua potensi koperasi, khususnya di DKI untuk terlibat dan mengembangkan kekuatan jaringan keanggotaannya. Baik antar koperasi, maupun dengan anggota perorangan yang mempunyai jangkauan luas sampai ke kampung-kampung. (*)

News Feed