oleh

Program Pendidikan Profesi Ners (Perawat) Universitas Borobudur Melakukan Praktik Keperawatan di Wilayah Puskesmas Karawang

Jakarta – Ns. Roma Tao Toba MR, M.Kep, Sp.Kep.Kom selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Borobudur menyampaikan bahwa Program Pendidikan Profesi Ners (Perawat) melakukan praktik Keperawatan Komunitas-Keluarga dan Keperawatan Gerontik, di wilayah Puskesmas Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang.

Praktik mahasiswa Profesi Ners melibatkan pihak Puskesmas, Tokoh Masyarakat dan Kader Kesehatan yang berada di wilayah tersebut.

Hasil Lokmin diketahui 3 masalah kesehatan di Desa Mekar Jaya yaitu Diabetes, Hipertensi dan ISPA. Setelah dianalisis disepakati bersama masyarakat masalah hipertensi yang menjadi prioritas untuk di intervensi namun masyarakat ingin dilatih juga cara cuci tangan yang benar untuk mencegah covid-19 yang saat ini pandemi.

Intervensi yang dilakukan yaitu edukasi tentang hipertensi, pelatihan membuat menu hipertensi sesuai isi piringku, senam hipertensi dan pelatihan cuci tangan yang benar.

Pelaksanaan intervensi pada tanggal 5 September dan 8 September yang diikuti oleh warga, tokoh masyarakat dan didampingi oleh pihak dari Puskesmas dengan sangat antusias.

“Harapan kami kegiatan tersebut meningkatkan pengetahuan, sikap dan perubahan perilaku warga Desa Mekar Jaya,” demikian yang disampaikan Ns. Roma.

News Feed