Ke-NU-An Calon Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Agar Tak Diragukan, Ini Alasannya…

  • Bagikan

Calon Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meskipun sebagai bendahara PCNU Kebumen, namun realitanya masih banyak kalangan Nahdliyin yang mempertanyakannya. Termasuk beberapa pengurus NU di Kebumen pun masih ada yang menyoalnya, terkait sejauh mana ke-NU-an dari Arif Sugiyanto. Hal itu terlihat, sebelum kalangan sesepuh NU Kebumen melaksanakan deklarasi doa dan restu untuk Arif Sugiyanto maju di Pilkada Kebumen, masih ada kalangan di forum tersebut yang menyoalnya. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Aula Pasca Sarjana IAINU Kebumen, Jumat (24/07/20).

Banyak dari kalangan sesepuh terdiam ketika ditanyakan tentang ke-NU-an dari Arif Sugiyanto ini. Hingga kemudian, Gus Wahyu NH. Aly dalam forum tersebut memberikan penjelasan. Dipaparkan oleh Gus Wahyu, bahwa ke-NU-an dari Arif Sugiyanto agar tidak perlu diragukan. Dikatakan juga oleh Gus Wahyu, jadi bendahara di PCNU Kebumen, dipercaya apabila Arif Sugiyanto juga memiliki kredibilitas yang mencukupi.

Ditegaskan oleh ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen Gus Wahyu NH Aly ini, bahwa Ke-NU-an dari Arif Sugiyanto sudah sangat teruji. Papar cucu KH. Abdullah Siradj Aly ini, bahwa Arif merupakan salah satu inisiator NU di Cilodong, Depok, Jawa Barat. Diungkapkan juga olehnya, tempatnya Arif Sugiyanto di Cilodong juga dijadikan kantor NU serta difungsikan untuk kegiatan-kegiatan yang bernafaskan ke-NU-an.

“Saya kira tidak perlu lagi menyoal ke-NU-an Pak Arif ini. Saya kira sudah selesai. Secara pribadi saya kurang begitu mengenalnya. Tapi saya cukup tahu, apabila Pak Arif ini salah satu inisiator NU di Cilodong. Tempatnya juga dijadikan untuk kantor NU dan untuk kegiatan-kegiatan yang bernafaskan ke-NU-an. Di Madrasah Kader Nahdlatul Ulama kedua di Kebumen (MKNU), Pak Arif juga memberikan sambutan. Jadi saya kira sangat-sangat jelas ke-NU-anya,” tegas Gus Wahyu dalam forum menyambut deklarasi doa dan restu majunya Arif Sugianto dalam Pilkada di Kebumen, di Aula Pasca Sarjana IAINU Kebumen kemarin, Jumat (24/07/20).

Dalam forum tersebut, dijelaskan juga oleh Rois Syuriah PCNU Kebumen KH. Afifudin Chanif Alhasani, bahwa keluarga Arif Sugiyanto juga kalangan nahdliyin. Ibunya beraktifitas di lembaga pendidikan bernafaskan NU. Ketua Tanfidziah PCNU Kebumen KH. Dawamudin Masdar, M.Ag mengatakan dengan Arif Sugiyanto sebagai bendahara di NU itu sudah cukup jelas ia benar-benar NU.

  • Bagikan