Ini Pernyataan Sikap Aliansi Rakyat Demokrasi Jatim

  • Bagikan

Pernyataan Sikap dan Dukungan 21 organisasi yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Demokrasi se-Jawa Timur untuk Pilkada 2020 yang Bersih dan Terlaksana dengan Protokol Kesehatan yang Ketat.

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi tersendiri di masa pandemi ini. Pemerintah bersama DPR dan penyelenggara Pemilu telah memutuskan Pilkada Serentak 2020 akan digelar tanggal 09 Desember 2020.

Untuk itu, kami para pemuda yang mewakili 20 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) se- Jawa Timur mendukung penuh pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan ini menyatakan dukungan dan sikap sebagai berikut:

1. Mendukung Pelaksanaan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 demi terciptanya keberlangsungan pergantian Pemimpin di daerah yang lahir dari sistem demokrasi yang jauh dari praktik politik uang, kampanye hitam, politik identitas, berita hoaks dan kompetisi yang menghalalkan segala cara.

2. Mendukung Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 yang Jujur, Adil, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia

3. Mendukung KPU dalam pelaksanaan tahapan demi tahapan Pilkada 2020 sesuai protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat berinteraksi, melindungi diri dengan menggunakan masker/APD, rajin cuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer, atau jika diperlukan menyemprotkan disinfektan secara berkala.

4. Mendukung Pemerintah Daerah dan Penyelenggara Pemilu agar meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan risiko penularan Covid-19 di wilayah masing-masing.

5. Mengawal penyusunan Peraturan KPU (PKPU) yang dibahas oleh Pemerintah, DPR dan KPU untuk tegas dalam menerapkan aturan meniadakan kampanye yang melibatkan orang banyak di daerah zona merah dan menggantinya dengan kampanye secara virtual atau daring melalui video conference. Selain itu, untuk zona hijau, diatur kampanye secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

6. Mendukung Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu untuk melakukan sosialisasi secara massif ke masyarakat dan Petugas Penyelenggara Pemilu di daerah terkait Prosedur Pelaksanaan Pilkada dan Protokol Kesehatan yang mengatur jalannya Pemilihan sejak sebelum, saat pelaksanaan dan sesudah pemungutan suara Pilkada 2020.

7. Kami menghimbau dan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia Khsususnya Masyarakat jawa timur, pegiat demokrasi, dan stakeholder terkait untuk menyukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang dijalankan sesuai aturan protokol kesehatan yang ketat.

8. Melihat kondisi terkini dimana Provinsi Jawa Timur merupakan daerah terbanyak kedua terpapar kasus positif penyebaran Covid-19 setelah DKI Jakarta, kami meminta Pemerintah tegas dalam menerapkan aturan protokol kesehatan Pilkada 2020 dan masyarakat yang terlibat sebagai Pemilih juga Petugas Penyelenggara Pemilu untuk DISIPLIN menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari penularan Covid-19.

9. Kami (Pemuda) yang bertanda tangan di bawah ini berkomitmen untuk mengawal Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang berkualitas demi tegaknya demokrasi, menjalankan protokol kesehatan agar terciptanya keselamatan bagi para pemilih dan Petugas Penyelenggara Pemilu.

Demikian Pernyataan Sikap dan DUKUNGAN ini dibuat untuk menjadi bahan, dan pertimbangan Pemerintah, DPR, Penyelenggara Pemilu dan demi tegaknya kedaulatan demokrasi yang menjamin kesehatan dan keselamatan pemilih juga petugas penyelenggara Pemilu.

Berikut daftar Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) se-Jatim yang menyatakan dukungan dan sikap:

1. Yudo Adianto Salim (Sekjend Jatim Institute)
2. Hizkia Trianto (Direktur Eksekutif Surabaya Institute)
3. Deni Febri Suhartata (Direktur Eksekutif Blitar Institute)
4. Alfalah Fadhilla F. (Ketua Umum Permahi DPC Surabaya)
5. moch. hasan (pimpinan Sahabat Polisi Jatim)
6. Devi Puspita Sari (Direktur Eksekutif Tulungagung Institute)
7. Rizky Kurniawan (ketua Umum Gerakan Pemuda Anti Narkoba Nasional Jatim)
8. Adi Mulyono (Ketua Umum Aliansi Pedagang dan Pengusaha Ekonomi Kreatif Indonesia Jawa Timur)
9. Achmad Hawanto (Ketua Umum Himapindo Jatim)
10. Erna Sujarwati (Direktur Eksekutif Lamongan Institute)
11. M. Faisal (Ketua APPI – Aliansi Pemuda Penggerak Integritas Jatim)
12. Fido Ardi Wibowo (Ketua Umum Laskar Pemuda Desa Jatim)
13. Willy Innocenti (Ketua Lembaga Konsultan Publik)
14. Umar Faruk (Ketua JAMAN SANTRI – Jaringan Kemandirian Nasional Santri Jatim)
15. Wahyu Lumaksono (Koord. Alumni BEM Nusantara Jatim)
16. Acmad Charis Chumaidi (Ketua umum Ikatan Mahasiswa Lamongan Jatim)
17. Achmad Busyairi Majidi (Direktur Eksekutif Gresik Institute)
18. Eko Prasetyo (Formusda- Ketua umum Forum Pemuda Sidoarjo)
19. Prista (Ketua FKPKI – Forum Komunikasi Pemuda Kristen Indonesia Jatim)
20. Ahmad DC Oktavian (Ketua Umum AMPERA – Aliansi pemuda Nusantara Jatim)
21. Firman Firdhousi Soetanto (Ketua Kaukus Muda Tapal Kuda)

 

  • Bagikan