oleh

Sobat Indonesia Sejahtera Segera Melakukan Sosialisasi Umrah Cerdas di Bangka Belitung

Ketua Babel – Kepedulian terhadap jamaah supaya terhindar dari bahaya penipuan umrah terus dilakukan oleh Yayasan Sobat Indonesia Sejahtera yaitu dengan melakukan sosialisasi dan solusi umrah cerdas dalam memilih travel umrah. Kali ini, Yayasan Sobat Indonesia Sejahtera melakukan sosialisasi dan solusi umrah cerdas di Bangka Belitung, Selasa (17/3/2020).

Ketua Umum Yayasan Sobat Indonesia Sejahtera Ummi Noor Yunita Setiawati menjelaskan, program sosialisasi umrah cerdas mampu memberikan pencerahan bagi masyarakat dalam memilih travel umrah yang sesuai dengan Kepdirjen Kementerian Agama RI No. 323 Tahun 2019.

“Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umroh dan Haji Khusus atau dikenal dengan istilah Siskopatuh adalah Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Penyelenggaraan Ibadah Umrah dan Haji Khusus yang aturan tata caranya tercantum dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI nomor 323 Tahun 2019”, ucap Ummi Noor Yunita Setiawati.

Menurut Ummi Yunita, selama ini yang terjadi di masyarakat adalah ketika jamaah mendaftar umrah ke travel, jamaah hanya mendapatkan nota atau kwitansi saja, hal itu memberikan celah bagi travel.

“Kalau travelnya amanah Insya Allah dananya aman dan jamaah bisa berangkat, tapi kalau travelnya tidak amanah dana pendaftaran uang jamaah dipakai untuk hal lain. Itu yang banyak terjadi dalam modus penipuan umrah sehingga dananya habis dan jamaah tidak bisa berangkat,” jelas Ummi Yunita.

Oleh karena itu, sosialisasi umrah cerdas diharapkan mampu mencegah terjadinya penipuan kepada jamaah, bagaimana memilih travel dan hak-hak jamaah yang di dapat dari travel.

“Alhamdulillah, kita sosialisasi terus ke 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia,” ucap Ummi Yunita.

Sementara itu, Kasi Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama Bangka Belitung H. Ridwan Yuniarto menanggapi positif apa yang dilakukan oleh Yayasan Sobat Indonesia Sejahtera dalam memberikan sosialisasi umrah cerdas kepada masyarakat Bangka Belitung.

“Apa yang dilakukan oleh Sobat Indonesia Sejahtera tentunya akan sangat membantu Kemenag dalam mensosialisasikan bagaimana memilih travel yang aman. Kami sangat berterima kasih,” ucapnya.

Menurut H. Ridwan, sesuai data yang dimiliki Kemenag Babel, pada tahun 2018 terdapat sebanyak 112 jamaah korban Abu Tour yang gagal berangkat.

“Dengan adanya Sobat Indonesia Sejahtera, harapan kami masyarakat dalam memilih travel biro penyelenggara umrah, melihat terlebih dahulu legalitasnya pastikan travelnya berizin, pastikan jadwalnya, pastikan terbangnya, pastikan hotelnya dan pastikan visanya,” jelas H. Ridwan.

Hingga saat ini, kata H. Ridwan, di Bangka Belitung terdapat 10 travel berizin, diantanya satu kantor pusat perusahaan PPIU dari Bangka Belitung dan 9 kantor cabang perusahaan PPIU dari luar Bangka Belitung.

Selama 2 hari berada di Bangka Belitung, Ummi Yunita juga melihat dan menyaksikan langsung seperti apa proses auditnya EKUAL KAN perusahaan yang sedang mengajukan izin SK PPIU, yaitu PT. Qois Tour & Travel milik KH. Ja’far Shiddiq, Pimpinan Pondok Pesantrean Hidayatus Salikin, Bangka Belitung.

“Sangat detail dalam auditnya dan banyak sekali yang dijadikan syarat kelulusan audit ini, itu artinya sangat terseleksi bagi perusahaan yang berhasil memegang izin SK PPIU. Demikian juga proses validasi data permohonan izin SK PPIU di Kemenag Kanwil dan Pusat RI nantinya, harus sesuai dengan Kepdirjen No 100 Tahun 2020. Semoga PT. Qois Tour & Travel lulus dan mampu menjadi travel yang baik, berkualitas dan benar-benar amanah.” ungkap Ummi Yunita.

Selanjutnya, Yayasan Sobat Indonesia Sejahtera akan mensosialisasikan umrah cerdas ke masyarakat Bangka Belitung di Asrama Haji Bangka Belitung atau Ruang Serba Guna Kementerian Agama Bangka Belitung. Dengan narasumber diantaranya dari bagian pembinaan haji dan umrah Kanwil Kemenag RI Bangka Belitung dan Perwakilan dari EKUAL – KAN agar masyarakat dapat mendengar langsung pemaparan peraturan-peraturan yang ada dalam Umrah Cerdas Lima Pasti Umrah.

News Feed