oleh

Warga NU Kebumen Soal Virus Corona, Ini Pesan Lakpesdam PCNU Kebumen

Ketua Lembaga Kajian dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen Gus Wahyu NH. Aly dalam menyikapi informasi kian masifnya penyebaran virus Corona di Indonesia, warga NU Kebumen agar menjaga kebersihan, membiasakan berwudhu, serta ikhtiat dalam kontak dengan orang luar Kebumen serta saudaranya yang berada di luar Kebumen. Dijelaskan, ikhtiat (berhati-hati) dalam Islam hukumnya wajib.

Ikhtiat itu wajib. Suudzon itu yang tidak boleh. Berlebih-lebihan dalam berikhtiat itu juga bisa masuk dalam bersuudzon,” kata Ketua Lakpesdam PCNU Kebumen ini yang juga dikenal sebagai penulis sejumlah kitab-kitab berbahasa Arab ini.

Ketua Lakpesdam PCNU Kebumen ini pun berharap, kegiatan ke-NU-an di dalam warga NU agar tidak perlu mengundang kalangan dari luar. Hal tersebut selain sebagai bagian dari ikhtiat, juga untuk mengurangi beban biaya kegiatan sebagai bentuk penghematan.

Ikhtiat dan hemat itu kan bagus,” ungkap cucu KH. Abdullah Siradj Aly ini.

Ia pun menegaskan, warga NU Kebumen agar lebih diperbanyak ibadahnya dan sodaqohnya, khususnya bersodakoh ke saudara nahdliyin yang kurang mampu. Ia pun menekankan, agar para orang tua benar-benar menjaga putra-putrinya dari problem kemaksiatan yang kian membiasa di tengah masyarakat seperti perzinahan.

News Feed