oleh

Urus Visa Haji Tahun Ini Akan Semakin Cepat

Jakarta – Proses pengurusan visa jemaah haji tahun 2020 dipastikan akan semakin cepat. Tahun ini pengurusan visa terhadap 231.000 calon jemaah haji bisa dilakukan kantor wilayah Kementerian Agama di tiap tiap provinsi.

Kanwil Kemenag Provinsi tak perlu lagi mengirimkan paspor calon jemaah haji ke Jakarta untuk pengurusan visa sebagaimana tahun tahun sebelumnya. Tak hanya visa, proses pengkloteran juga bisa dilakukan di tingkat provinsi.

“Proses visa dan pengkloteran cukup dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi saja,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar seperti dilansir dari laman kemenag.go.id.

Nizar juga menyebutkan musim haji tahun 2020 ini untuk pembatalan jemaah karena berhalangan tetap juga bisa dilakukan di tingkat kantor wilayah. Tahun sebelumnya pembatalan hanya bisa dilakukan di pusat.

Tahun ini juga Kementerian Agama akan melakukan peningkatan sarana dan prasarana haji. Sejumlah asrama haji baik Asrama Haji Transit, Antara maupun Asrama Haji Embarkasi dan Debarkasi akan direvitalisasi.

Nizar mengatakan, pihaknya juga akan melakukan peningkatan sarana dan prasarana untuk pelayanan haji tahun 2020. Caranya, dengan merevitalisasi Asrama Haji baik Asrama Haji Transit, Antara maupun Asrama Haji Embarkasi dan Debarkasi. Kementerian Agama juga akan membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

“Dulu jamaah haji ketika mendaftar haji mondar mandir Kemenag Kabupaten/kota dan Bank. Dengan PLHUT, jemaah haji tidak perlu mondar mandir, istilahnya One Stop Services,” kata dia.

News Feed