Pendidikan di Indonesia

  • Bagikan

Oleh: Yunike Kambu

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran bagi seseorang untuk memperoleh pengetahuan dan juga pemahaman tentang suatu objek. Pendidikan tidak hanya belajar tentang suatu ilmu pengetahuan ataupun pembelajaran lewat buku maupun internet, tetapi pendidikan juga merupakan suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang. Dari pendidikan seseorang bisa belajar atau mengetahui bagaimana cara bersikap dan berperilaku yang baik. Jadi, tidak hanya kita belajar tentang ilmu pendidikan, tetapi kita juga tahu bagaimana cara berperilaku yang baik kepada sesama kita dan juga kepada orang yang lebih dewasa.

Pendidikan adalah salah satu faktor utama dalam sebuah kemajuan bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki pendidikan yang baik. Sebab dari sanalah kita dapat mengetahui tolak ukur dari kedewasaan sebuah bangsa. Salah satunya adalah pendidikan di Indonesia, menurut saya pendidikan di Indonesia masih terbilang belum cukup baik. Ada beberapa faktor yang membuat saya berfikir bahwa pendidikan di Indonesia masih belum baik. Yang pertama menurut saya, belum semua sekolah memenuhi standar pendidikan, masih ada sekolah-sekolah yang kurang perhatian dari pemerintah yaitu tidak layak dipakai untuk proses belajar mengajar contohnya seperti sekolah-sekolah di pedalaman. Kurangnya fasilitas yang memadai untuk dipergunakan dalam proses belajar mengajar, banyak anak-anak juga yang tidak dapat melanjutkan pendidikan dengan beberapa alasan salah satunya adalah masalah ekonomi atau kurang mampu dalam pembiayaan uang sekolah yang pada akhirnya anak harus putus sekolah.

Saran untuk masalah pendidikan yang ada di Indonesia adalah supaya pemerintah lebih memperhatikan lagi sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, khususnya sekolah yang ada di pedesaan atau dipedalaman. Lebih memperhatikan kelayakan fasilitas belajar mengajar, meningkatkan standar pendidikannya, serta memberikan bantuan-bantuan beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu dan juga yang berprestasi.

Jika pendidikan selalu dikembangkan dan ditingkatkan terus bukan hanya dari sarana dan prasana, tetapi juga cara mengajar dengan berbagai metode yang menarik minat dan bakat anak maka pendidikan di Indonesia akan semakin baik. Dengan pendidikan, maka akan menciptakan suatu generasi penerus bangsa yang berprestasi dan juga berperilaku yang baik.

Pendidikan tidak selalu tentang pengetahuan dan kecerdasan akademik semata. Melainkan juga pembangunan karakter dan penanaman moral kepada anak-anak bangsa. Oleh karena itu, menjadi generasi penerus bangsa kita tidak hanya mempunyai ilmu pengatahuan yang baik dan cerdas, tetapi juga sikap dan perilaku yang baik maka bangsa Indonesia juga akan maju. Karena karakter seseorang sangat penting, maka lakukanlah yang terbaik dengan adanya pendidikan ini. Buatlah pendidikan di Indonesia ini semakin berkembang menjadi lebih baik dan menciptakan generasi yang berakhlak dan berprestasi.

  • Bagikan