oleh

AMPHURI Canangkan Gerakan #safehajiumrah di Tujuh Kota

Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah merilis aplikasi Safe Travel, begitu juga dengan Kementerian Agama (Kemenag) melalui Siskopatuh (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus) berupaya untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada warga negara Indonesia saat menjalankan perjalanan ke luar negeri.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) juga turut andil memberikan peranan sebagai upaya perlindungan kepada para jamaah dengan mencanangkan gerakan Safe Haji Umrah (#safehajiumrah) dengan mengembangkan pelayanan haji terbaru bernama AISYAH (Amphuri Information System Syariah).

“AMPHURI menggabungkan dua program pemerintah tersebut, Siskopatuh dan Safe Travel dengan nama gerakan #safehajiumrah sebagai upaya untuk mewujudkan ibadah haji dan umrah yang aman dan nyaman,” ucap Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) AMPHURI, Joko Asmoro di acara sosialisasi #safehajiumrah di momen Care Free Day Jakarta, Minggu (1/12/2019).

Menurut Joko, harus diakui, memasuki musim umrah 1441H, sejumlah regulasi baru baik dari pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia mulai diberlakukan. Memang, dalam penerapannya, tak jarang membuat pelaku usaha penyelenggara umrah dan haji khusu sedikit kerepotan. Termasuk dengan industri pendukungnya. Begitu juga masyarakat muslim sebagai calon jamaah haji dan umrah.

Menyikapi situasi dan kondisi tersebut, maka AMPHURI dengan segala daya dan upaya bekerjasama dengan Kemenag dan Kementerian Luar Negeri mengajak segenap elemen untuk memberikan pencerahan dan pemahaman atas apa yang terjadi saat ini.

“Dengan dua program pemerintah ini, AMPHURI mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menunaikan ibadah haji dan umrah secara aman dan nyaman,” tutur Joko.

“Jadi, program #safehajiumrah yang dicanangkan AMPHURI merupakan upaya untuk mensinergikan antara dua program pemerintah dengan pelaku usaha perjalanan haji dan umrah di bawah naungan AMPHURI,” lanjut Joko.

Sebanyak 427 anggota AMPHURI serentak mensosialisasikan program #safehajiumrah di tujuh kota di Indonesia. Selain di Jakarta, sosialisasi ini juga digelar di Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Dalam kesempatan ini, AMPHURI juga menandatangani nota kesepahaman dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam rangka menunjang penyelenggaraan umrah dan haji khusus.

Dalam acara yang dimeriahkan oleh penyanyi Fatin Sidqia, komedian Caesar YKS dan Pelawak Bopak ini, para peserta yang beruntung juga mendapatkan hadiah dengan total senilai Rp 20juta.

Sosialisasi #safehajiumrah dihadiri oleh beberapa pejabat Kementerian Agama seperti Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin Yanis, Kepala Subdirektorat Perizinan, Akreditasi, dan Bina Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Mulyo Widodo dan Wakil Ketua MPR Asrul Sani.

News Feed